NasDem Merawat Pluralisme dan Pancasila

Kautsar Widya Prabowo 23 November 2018 09:00 WIB
partai nasdempancasilasurya paloh
NasDem Merawat Pluralisme dan Pancasila
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: Istimewa
Pontianak:Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menekankan pentingnya para kader menjaga pluralisme yang berada dalam ideologi Pancasila. Terlebih, NasDem menganut paham nasionalis religius.

"Jelas dan tegas bahwa partai ini partai nasionalis religius. Kewajiban dasar bagi kader partai ini untuk melindungi kemajemukan dan pluralisme ," ujarnya saat berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis, 22 November 2018.


Ia menambahkan, posisi NasDem berada di garis terdepan melawan pihak-pihak yang ingin menerapkan ideologi selain Pancasila. Menurut Bos Media Group itu, Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa yang tidak bisa diganti oleh ideologi lain.

"Ketika ada tawaran lain di luar ideologi Pancasila sudah tentu akan berhadapan dengan NasDem," tambahnya. 

Lebih lanjut, ketika disinggung mengenai perlu atau tidaknya pemberlakukan peraturan daerah (perda) bernada agama di wilayah tertentu, pihaknya menilai belum perlu dilakukan. Saat ini, Nangroe Aceh Darusallam menjadi daerah yang telah diesepakti memiliki Perda Syariah. 

Baca: Jokowi: Pancasila Tak Bisa Digantikan Ideologi Impor

"Kalau ditanya apakah daerah lain perlu menerapkan Perda Syariah yang baru, pandangan NasDem jelas, kalau tidak ada urgensinya buat apa,"pungkasnya.





(DMR)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id