Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

KPU Terima Masukan Evaluasi Debat

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 19 Februari 2019 23:17
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbuka menerima masukan terkait pelaksanaan debat Pilpres 2019. Namun KPU meminta semua masukan itu disampaikan ke KPU sesuai mekanismenya.
 
"Kalau ada catatan proses debat. Ada keberatan silakan disampaikan sesuai mekanisme yang berlaku," kata Ketua KPU, Arief Budiman di Gedung KPU, Selasa, 19 Februari 2019.
 
Arief mengatakan tak mungkin KPU langsung menindaklanjuti semua masukan terkait debat. KPU harus mempelajari semua masukan apakah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mekanisme yang sama juga berlaku kepada semua pihak yang merasa terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan debat. KPU mempersilakan dugaan pelanggaran dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 
"Kan ada Bawaslu juga di situ langsung mengawasi, hadir di dalam ruangan, kita tunggu saja hasil pemeriksaan di Bawaslu seperti apa, nanti kita lihat dulu," ujarnya.
 
KPU sendiri akan menggelar evaluasi debat kedua besok. KPU akan melibatkan sejumlah pihak dalam evaluasi, di antaranya media penyelenggara, moderator, tim kampanye kedua paslon, hingga media penyelenggara debat ketiga.
 
Baca:BPN Minta Konsep Tarung Bebas di Sisa Debat
 
"KPU akan bahas besok apakah catatan-catatan dan masukan itu penting untuk disesuaikan di debat ketiga atau sesungguhnya itu (format debat kedua) masih bisa diterapkan di debat ketiga. Mudah-mudahan itu (evaluasi debat kedua) bisa membuat debat ketiga lebih menarik lagi," ujarnya.
 
KPU merencanakan lima kali debat pilpres 2019. Debat ketiga giliran calon wakil presiden yang akan beradu gagasan, visi, misi dan program di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi