Polisi menjaga keamanan. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Polisi menjaga keamanan. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

30 Ribu Personel Membentengi KPU

Pemilu pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 10 Mei 2019 08:35
Jakarta: Sebanyak 30 ribu aparat gabungan TNI-Polri bakal mengamankan pengumuman Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Jakarta. Pengamanan bakal terfokus di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 
“Sasaran utama pengamanan di KPU dan Bawaslu. Objek vital nasional juga jadi fokus pengamanan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Mei 2019.
 
Dia mengatakan pengamanan di KPU akan menggunakan skema empat ring. Ring satu adalah pengamanan di dalam gedung KPU, ring kedua gedung sekitar KPU, ring tiga tempat parkir KPU, dan ring empat adalah jalan sekitar KPU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aparat keamanan juga akan melibatkan intelijen untuk memantau dinamika di lapangan. Dedi menyebut setiap dinamika informasi yang beredar dan terjadi bakal terus dimonitor.
 
Direktorat Siber Bareskrim Polri juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Mereka berkolaborasi menggelar patroli di dunia maya untuk memonitor akun-akun penyebar hoaks, provokatif, dan penyebar ujaran kebencian.
 
“Jika ditemukan, langkah pertama adalah men-take down akun tersebut. Jika dirasa masih kurang, akan dilakukan tindakan penegakan hukum,” jelas dia.
 
Mabes Polri tengah memusatkan pengamanan pemilu di Ibu Kota Jakarta. Pengamanan ketat ini bakal dilakukan hingga penetapan hasil pemilu, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Ibu Kota menjadi titik akhir proses pemilu. Personel tambahan dibutuhkan mengantisipasi kerawanan seperti gugatan pemilu, unjuk rasa, dan kemungkinan kericuhan.
 
Baca: Kedua Kubu Dinilai Panik Pascapilpres
 
Pengiriman pasukan dari daerah bukan tanpa perhitungan. Pasalnya, rangkaian pemilu di daerah juga sudah berkurang.
 
Polisi sudah siaga mengantisipasi potensi kericuhan di Jakarta. Sejumlah pasukan telah disiapkan mengamankan pengumuman hasil resmi pemilu 2019.
 
Jakarta bukan satu-satunya lokasi yang menjadi fokus pengamanan usai pencoblosan, Rabu, 17 April 2019. Polisi tetap menjaga daerah yang dinilai rawan usai pemilu.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif