PDIP Sayangkan Pernyataan Prabowo Soal Yerusalem

Faisal Abdalla 23 November 2018 09:57 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
PDIP Sayangkan Pernyataan Prabowo Soal Yerusalem
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengkritik calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang tak mempersoalkan pemindahan kedutaan besar Australia ke Yerusalem. Prabowo dinilai tak menghargai hukum internasional.
 
"Pak Prabowo seharusnya memahami hukum internasional bahwa Yerusalem berstatus quo, dan Indonesia mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina seluas-luasnya," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 23 November 2018.
 
Hasto menyebut pernyataan Prabowo ahistoris. Pasalnya pernyataan itu tidak sesuai dengan sikap Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina, "Hal ini bagian dari perintah konstitusi bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa," imbuhnya.
 
Hasto mencurigai ada kepentingan pilpres yang dibawa Prabowo ketika menyampaikan pernyataannya. Pernyataan Prabowo itu dianggap sebagai cara agar mendapat dukungan dari pihak-pihak tertentu.
 
"Pilpres bukan sekadar kontestasi tanpa prinsip. Capres harus mengacu pada konstitusi, dan konsisten dengan sikap politik yang terus berpihak terhadap kemerdekaan Palestina. Termasuk mencari solusi status Yerusalem yang saat ini berada di yurisdiksi hukum internasional," kata Hasto.

Baca: Prabowo Ingin Berteman dengan AS dan Tiongkok


Sebelumnya, Prabowo mengatakan Indonesia harus menghormati keputusan Australia yang ingin memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv Ke Yerusalem. Prabowo menilai Australia memiliki hak memutuskan kehendaknya sebagai negara merdeka yang berdaulat.
 
"Aussie merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus hargai keputusan mereka," kata Prabowo saat menghadiri Indonesia Economic Forum di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu, 21 November 2018.





(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id