Direktur Populi Center Usep Saiful (kanan). Medcom.id/Ilham Pratama
Direktur Populi Center Usep Saiful (kanan). Medcom.id/Ilham Pratama

Bocoran Pertanyaan Diyakini Tak Menurunkan Kualitas Debat

Pemilu debat capres cawapres debat capres pilpres 2019
Ilham Pratama Putra • 10 Januari 2019 19:30
Jakarta: Direktur lembaga riset Populi Center Usep Saiful meyakini kisi-kisi pertanyaan yang diberikan kepada kandidat Pilpres tidak mengurangi kualitas debat. Suasana debat dinilai akan tetap cair.
 
"Saya kira kisi-kisi ini tidak membuat debatnya ini menjadi kaku," kata Usep di Kantor Populi Center, Jakarta Barat, Kamis, 10 Januari 2019.
 
Menurut Usep, kualitas debat akan ditentukan oleh konsep yang dimiliki setiap kandidat. Bocoran materi pertanyaan debat cuma jadi modal awal setiap kandidat naik panggung debat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kisi-kisi hanya sekadar bayangan. Performance penampilan dan kekuatan konsep masing-masing yang menentukan," ujarnya.
 
Baca: Kisi-Kisi Debat Pilpres Dikirim Hari Ini
 
Usep menilai materi pertanyaan debat bisa saja bocor dengan sendirinya. Atau, para kandidat sejatinya sudah bisa punya gambaran hal-hal yang akan ditanyakan dalam debat sesuai isu yang diangkat.
 
"Misalnya temanya tentang HAM (Hak Asasi Manusia), hukum, korupsi, terorisme, pertanyaanya pasti itu-itu saja kok," paparnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat publik perdana Pilpres pada 17 Januari 2019. Format debat menghadirkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.
 
Tim panelis debat telah menyusun 20 daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada para paslon. Pertanyaan meliputi isu yang diangkat yakni hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Kisi-kisi pertanyaan debat dikirim hari ini kepada tim kampanye masing-masing paslon.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi