Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Putusan MK Perkuat Legalitas Kemenangan Jokowi-Ma'ruf

Pemilu Sidang Sengketa Pilpres 2019
Damar Iradat • 28 Juni 2019 11:00
Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menyebut posisi pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin semakin kokoh sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024. Pasalnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
"Putusan MK ini makin menguatkan legalitas dan legitimasi kemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang demokratis, jujur, dan adil," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019.
 
Airlangga meminta semua pihak menerima dan menghormati putusan MK sebagai mekanisme konstitusional yang diatur konstitusi. Dia mengapresiasi majelis hakim yang memutuskan sengketa secara objektif, independen, dan berkeadilan dalam persidangan terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta Tim Hukum Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma;ruf. Ketiga pihak dinilai berhasil mempertanggungjawabkan dan mematahkan tuduhan kecurangan dari kubu Prabowo.
 
Baca: Haedar Nashir: Prabowo Sandi Tunjukkan Sikap Legawa
 
Menurut dia, mekanisme konstitusional melalui MK adalah jalur terbaik penyelesaian sengketa dengan berjalan damai dan kondusif. Setelah putusan ini, Partai Golkar mengajak seluruh rakyat untuk bersatu kembali dalam kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf ke depan.
 
Partai Golkar sebagai partai pendukung utama pasangan Jokowi-Ma'ruf, jelas dia,akan terus mengawal program pemerintahan selama 5 tahun ke depan. Hal ini guna membangun kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa Indonesia. (Antara)
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif