Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan saat mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La. Foto: Antara/Hafidz Mubarak.
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan saat mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La. Foto: Antara/Hafidz Mubarak.

'Bagimu Negeri' Jadi Penutup Debat Capres

Pemilu debat capres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 31 Maret 2019 06:14
Jakarta: Ada nuansa berbeda dalam penutupan debat keempat Pilpres 2019. Debat ditutup dengan lagu Bagimu Negeri.
 
Lagu Bagimu Negeri berkumandang di sesi keenam debat. Awalnya moderator mengajak kedua kandidat capres dan penonton yang hadir untuk berdiri.
 
"Kami mengajak seluruh hadirin menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Apa yang kita lakukan hari ini hingga 17 April 2019, semua Bagimu Negeri," kata moderator Retno Pinasti di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu malam, 30 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lagu gubahan Kusbini itu dinyanyikan diva tanah air, Sri Rossa Roslaina Handiyani atau biasa dikenal Rossa.Penutupan debat dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri baru kali ini dilakukan sepanjang tiga kali pelaksanaan debat Pilpres 2019.
 
Kedua kandidat, baik capres 01 Joko Widodo maupun capres 02 Prabowo Subianto terlihat menyanyikan lagu Bagimu Negeri dengan khidmat.
 
Baca juga: KPU: Debat Keempat Pilpres Berlangsung Damai
 
Pada sesi pernyataan penutup, Joko Widodo menegaskantali persahabatan dengan Prabowotak akan putus. Meski keduanya acap kerap berbeda pendapat.
 
"Rantai persahabatan saya dan Pak Prabowo tidak akan pernah putus. Juga tali persahabatan KH Ma'ruf Amin dan Pak Prabowo dan Pak Sandiaga," ujar Jokowi.
 
Pernyataan Jokowi itu disambut positif Prabowo. Prabowo mengamini meski dirinya sedang berkompetisi, hubungan pribadi mereka berdua tetap terjalin baik.
 
"Percaya Pak, saya juga demikian. Dan saya hormat terhadap Bapak meski kita berdua kerap berbeda," tutur Prabowo.
 
Usai menyampaikan pernyataan penutup, keduanya saling berpelukan di tengah panggung.
 
Baca juga: Jokowi Pastikan Tetap Bersahabat dengan Prabowo
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah empat kali menggelar debat capres 2019. Tersisa debat terakhir yang akan dilaksanakan Sabtu, 13 April 2019.
 
Debat terakhir kembali mempertemukan kedua pasangan calon baik calon presiden dan calon wakil preaiden. Kedua paslon akan beradu visi, misi di bidang ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan, serta industri.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif