Sidang sengketa pileg di MK - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Sidang sengketa pileg di MK - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

PDIP Gugat Penambahan Suara Golkar di Sumsel

Pemilu Sidang Sengketa Hasil Pileg 2019
Kautsar Widya Prabowo • 12 Juli 2019 12:34
Jakarta: PDI Perjuangan menggugat pemilihan legislatif tingkat DPRD di Sumatera Selatan. PDIP menilai ada pengurangan suara di DPRD Provinsi Sumsel dapil 9dan DPRD Musi Banyuasindapil 1.
 
Kuasa Hukum PDIP Sumsel, Aries Surya, menyebut suara partai berlambang banteng moncong putih di dapil 9 berkurang sementara suara Partai Golkar bertambah. Ini berdasarkan hasil hitung internal.
 
"Untuk dapil 9, ada penambahan suara Partai Golkar 503 suara yang tersebar di sembilan kecamatan, dan pengurangan suara pemohon (PDIP) 3.261 yang tersebar di 13 kecamatan," ujar Aries dalam ruang sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pileg, di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan hasil hitung internal, PDIP mendapat 62.131 suara dalam pemilihan DPRD Pemprov Sumsel dapil 9. Sementara hitungan KPU, PDIP mendapat 58.870 suara.
 
Sementara berdasar hasil hitung internal, Partai Golkar semestinya mendapat 61.758 suara. Namun, diputuskan oleh KPU sebesar 62.271. Ada kelebihan 503 suara.
 
(Baca juga:Penggugat KPU Papua Tak Puas Hasil Rekap Manual)
 
"Kemudian dapil 1 Musi Banyuasin ada pengurangan suara (PDIP) 4.500 suara yang tersebar di tiga kecamatan," tutur Aries.
 
Menurut Aries berdasarkan hasil hitung internal pihaknya semestinya mendapat 12.555 suara. Namun, diputuskan oleh KPU mendapat 8.055 suara.
 
Terkait pengurangan suara itu, Hakim Mahkamah Konstitusi Saldi Isra mempertanyakan Aries apakah beralih ke partai lain atau penyebab lain. Namun, Aries mengaku tidak tahu.
 
"Kita tidak tahu juga ke mana pengurangannya. Jadi seharusnya suara pemohon di dapil 1 ini 12.555 suara," ujar Aries.
 
Dalam petitumnya, PDIP meminta mengabulkan permohanan seluruhnya, membatalkan keputusan KPU Nomor 897 dan seterusnya sepanjang untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan dapil 9 dan DPRD Musi Bayuasin dapil 1.
 
Serta menetapkan hasil pemilihan suara yang benar untuk DPRD dapil 9 suara PDIP sebesar 62.131 suara dan Partai Golkar 61.758 suara dan untuk pengisian anggota DPRD dapil 1 suara PDIP sebesar 12.555 suara.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif