Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Kaltim/Medcom.id/Adin
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Kaltim/Medcom.id/Adin

Ma'ruf Amin Kenalkan Konsep 3A

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf maruf amin
M Sholahadhin Azhar • 21 Maret 2019 10:08
Balikpapan: Bidang vokasi atau pelatihan tak luput dari perhatian pasangan calon nomor urut 01. Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menyebut akan menerapkan program 3A atau tiga akses bila dipercaya memimpin Indonesia.
 
"Yaitu akses untuk pintar, akses untuk cakap, akses untuk bugar," ujar Kiai Ma'ruf saat silaturahmi bersama Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) dan aliansi masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Baca: Kiai Ma'ruf: Rugi Jika Tak Pilih Jokowi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Program tersebut akan fokus memfasilitasi pelatihan bagi masyarakat. Akses kepintaran merupakan pendidikan khusus mengasah kemampuan di bidang bahasa, matematika, dan ilmu eksak lain. Prinsipnya, akses kepintaran untuk mempertajam pemahaman masyarakat di bidang pendidikan formal.
 
Akses cakap menjadi tahap lanjutan. Ma'ruf memberikan kepedulian atas ilmu informal yang berkaitan langsung dengan dunia pasca-sekolah.
 
"Ada kursus-kursus kecakapan misalnya barista kopi, cara bikin kopi, misalnya jadi seorang fotografer, kursus seni, bikin roti," jelas Ma'ruf.
 
Baca: Hari Ini, Ma'ruf Safari ke Kaltim
 
Sedangkan akses bugar untuk memfasilitasi masyarakat agar bisa hidup lebih sehat. Budaya olahraga akan dikembangkan dalam fasilitas ini. Ma'ruf ingin membangun pola hidup sehat agar bisa mencegah warga terserang penyakit.
 
Konsep 3A ini merupakan sebuah aplikasi marketplace. Peserta yang mengikuti kursus tersebut bakal mendapatkan sertifikat.
 
"Kalau sudah lama, dapat sertifikat bisa buka usaha sendiri, bisa bekerja jadi pengusaha, usaha-usaha sehingga tidak ada lagi orang nganggur," ucap dia.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif