Ratna Sarumpaet Tak Mau Diperiksa Bawaslu
Ratna Sarumpaet - Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI batal memeriksa aktivis Ratna Sarumpaet. Sedianya Ratna diperiksa terkait dugaan melakukan kampanye hitam.  

"Ya betul (batal), tidak mau diperiksa Bawaslu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat diklarifikasi, Rabu, 24 Oktober 2018.


Tim Bawaslu sudah tiba di Polda Metro Jaya pukul 15.28 WIB. Namun, Ratna menolak diperiksa. 

Kuasa Hukum Ratna, Insank Nasruddin mengatakan kliennya enggan diperiksa karena masih sakit. "Tentu jika dalam kondisi sakit tidak bisa dilakukan pemeriksaan," ujar Insank. 

Bawaslu bakal menggali sejumlah hal terkait dugaan kampanye hitam yang dilakukan Ratna. Salah satunya penyebaran informasi bohong pengeroyokan.  

Informasi yang dibeberkan Ratna akan menjadi kajian Bawaslu menentukan apakah kasus tersebut melanggar unsur kampanye atau tidak. "Kan di dalam penanganan kita harus bisa mendapatkan peristiwa yang terjadi seperti apa. Maksud dia menyampaikan seperti itu apa, kan yang tahu yang melakukan," kata Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo, Selasa, 23 Oktober 2018.

(Baca juga: Publik Ingin Hoaks Ratna Sarumpaet Diusut Tuntas)

Sebelumnya, Garda Nasional Untuk Rakyat (GNR), relawan Pro Joko Widodo (Projo), dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengadukan dugaan pelanggaran kesepakatan kampanye damai dan antihoaks ke Bawaslu. Pelaporan terkait kebohongan Ratna soal penganiayaan di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Saat itu, Ratna merupakan anggota Badan Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Calon presiden nomor urut 02 Prabowo bahkan menggelar konferensi pers soal itu.

Ratna kemudian mengaku semua cerita itu bohong. Pada Jumat, 21 September 2018, Ratna berada RSK Bina Estetika untuk bedah plastik.







(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id