Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Menhan Jamin Situasi Aman Jelang Sidang Gugatan Pilpres

Pemilu gugatan ke mk sengketa pilpres pilpres 2019
Candra Yuri Nuralam • 12 Juni 2019 16:13
Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menjamin situasi Jakarta aman jelang sidang gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan.
 
"Situasi keamanan baik. Saya baru saja selesai rapat membicarakan itu semua. Jadi baik. Diharapkan sampai menjelang tanggal 24 (Juni) semua tetap baik," kata Ryamizard di Gedung A.H Nasution Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Dia yakin tidak akan ada lagi kerusuhan jelang sidang hingga putusan MK. Masyarakat dinilai sudah dewasa menyikapi putusan MK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi sudah saatnya kita harus bicara dengan tegas begitu, kita tidak ingin polisi rusak, TNI rusak, karena mereka ini yang menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia," ujar Ryamizard.
 
(Baca juga:Jalan Menuju Gedung MK Akan Kembali Ditutup)
 
Ryamizard menyebut kondisi aman bukan berarti bisa bersantai. Menhan memastikan pihaknya mengantisipasi beberapa kelompok yang bisa membuat onar.
 
Namun, kelompok itu belum bergerak. Saat ini, berdasarkan pantauan, kondisi masih aman terkendali.
 
"Sementara belum ada, kemarin kan ditakutkan, kita tunggu saja dari Pemda ya, tapi kelihatannya belum ada," tegas Ryamizard.
 
Dia mengimbau kepolisian bersiap siaga melakukan pengamanan jika terjadi pergerakan massa. Dia menegaskan siap menindak siapa pun yang melakukan kerusuhan.
 
"Ya kita secara professional lah, mulai sekarang kita ingatkan, polisi mengingatkan, nanti kalau begini harus begini, sudah diingatkan kalau terjadi dihukum begitu ya jangan marah," ujar Ryamizard.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif