Wakil Ketua TKN Johnny G Plate. MI/M Irfan.
Wakil Ketua TKN Johnny G Plate. MI/M Irfan.

Tugas TKN Berakhir Setelah Penetapan Pemenang Pilpres

Pemilu presiden jokowi pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 30 Juni 2019 14:25
Jakarta: Tugas Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan berakhir setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan pemenang Pilpres 2019. Tugas selanjutnya diserahkan kepada pasangan calon capres-cawapres terpilih dan partai koalisi hingga pelantikan pada Oktober 2019.
 
"TKN sudah bekerja, setelah penetapan (pemenang pilpres) pekerjaan sudah selesai, yang ada koalisi partai dan presiden terpilih," kata Wakil Ketua TKN Johnny G Plate kepada Medcom.id, Minggu, 30 Juni 2019.
 
Baca: TKN Berkumpul di Posko Cemara Sebelum Menuju KPU

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah penetapan, pasangan presiden dan wakil presiden terpilih akan membahas struktur kabinet dengan pimpinan partai politik. Pasangan terpilih juga akan merumuskan strategi kebijakan di tahun pertama periode pemerintahan.
 
"Apalagi ini sekarang sedang pembahasan APBN-P tahun selanjutnya. Kedua kita akan memperkuat koalisi di non kabinet. Di DPR dan MPR," jelas Johnny.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan secara resmi pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai capres dan cawapres terpilih periode 2019-2024. Penetapan merupakan tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
Penetapan capres-cawapres terpilih dilakukan melalui rapat pleno terbuka. KPU mengundang seluruh peserta pemilu, baik kedua pasang calon presiden dan wakil presiden serta 16 partai politik peserta pemilu.
 
Baca: Prabowo-Sandi Diharapkan Tetap Menghadiri Penetapan Paslon Terpilih
 
Rapat pleno akan digelar di aula lantai 2 Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta mulai pukul 15.30 WIB. KPU memberi jatah 20 kursi untuk pendukung masing-masing pasangan calon.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif