Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.

Menkominfo Tak Akan Batasi Medsos Saat Putusan MK

Pemilu Sidang Sengketa Pilpres 2019
Damar Iradat • 24 Juni 2019 18:33
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tak akan membatasi akses media sosial saat pembacaan putusan sidang sengketa Pilpres 2019. Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan sengketa PHPU pada Kamis, 27 Juni 2019.
 
Rudiantara menyebut sebaran informasi hoaks cenderung menurun. Hal ini menjadi alasan utama Rudiantara tak bakal membatasi penggunaan media sosial.
 
"Nah ini stabil saja tuh. Kalau ini begini apa yang dibatasi? Enggak usah lah," kata Rudiantara sambil menunjukkan data sebaran hoaks di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari data yang diperlihatkan Rudiantara, persebaran hoaks pada periode 20 Mei sampai 23 Juni di Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube, sebanyak 5.606 konten. Rincian persebaran melalui Facebook 2.057 konten, Instagram 1.643 konten, Twitter 1.397 konten, dan YouTube 509 konten.
 
Baca: BPN: Prabowo Minta Tak Ada Demo di MK
 
Saat ini persebaran hoaks menurun dibandingkan pada 21-22 Mei. Ia pun mengajak semua pihak ikut menjaga agar persebaran hoaks tak kembali meningkat saat pembacaan putusan MK.
 
"Kita sama-sama, hari ini, besok sampaikan ke publik bahwa ayo kita jaga dunia maya, jangan memantik hoaks yang berkaitan dengan hasil pemilu, dan juga jangan mengedarkan hoaks," tegasnya.
 
Pemerintah sempat membatasi fitur-fitur di media sosial pada 22 Mei 2019. Pembatasan dilakukan untuk media sosial berbasis messaging system. Ada pun pembatasan meliputi fitur berbagi foto dan video.
 
Pembatasan saat itu bertujuan meminimalisasi gambar atau video yang sengaja disebar untuk menciptakan kegaduhan. Gambar dan video itu, lanjut Rudi, lebih viral di messaging system.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif