Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menyapa pendukungnya di Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (21/12/2018). ANT/Siswo Widodo.
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menyapa pendukungnya di Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (21/12/2018). ANT/Siswo Widodo.

TKN: Sandiaga Bohong Soal Pembangunan Tol Tanpa Utang

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
M Sholahadhin Azhar • 02 Januari 2019 14:59
Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin membantah pernyataan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tentang pembangunan tol Cikampek-Palimanan tanpa utang. Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Aceh Hasan Syadzily menyebut proyek itu ditalangi beberapa bank.
 
"Apakah kucuran dana dari perbankan itu bukan utang," kata Ace di Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Baca: 70 Persen Dana Kampanye Prabowo dari Sandiaga

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ace menjelaskan kucuran dana itu berasal dari sebuah sindikasi yang terdiri dari 22 perbankan dan perusahaan keuangan. Sindikasi itu memasok Rp8,8 triliun untuk PT LIntas Marga Sedaya.
 
Perusahaan milik Sandiaga, PT Saratoga merupakan pemilik saham PT Lintas Marga Sedaya. PT Saratoga bekerja sama dengan sebuah perusahaan asal Malaysia.
 
Bank Central Asia (BCA) dan Bank DKI menjadi kreditor terbesar dan pemimpin sindikasi itu. BCA diketahui mengucurkan Rp3,3 triliun dan Bank DKI mengucurkan Rp2,06 triliun.
 
Ace mengatakan skema yang digunakan dalam pendanaan proyek itu adalah publik private partnership. Skema ini juga digunakan dalam proyek infrastruktur lain di era Presiden Jokowi.
 
"Hal tersebut berlaku hampir semua proyek jalan tol di Jawa, tidak dengan utang pemerintah tapi dengan skema seperti ini. Sekali lagi ini menunjukan Sandi tidak punya data," kata Ace.
 
Politikus Golkar itu menyebut pernyataa Sandi tentang pembangunan tanpa utang sangat keliru. Karena, pembangunan proyek tol Cipali itu tak bisa dilakukan tanpa ada skema pinjaman dari bank.
 
Baca: TKN Jokowi-Ma'ruf Komitmen Kedepankan Gagasan
 
Ace juga mengkritisi pernyataan Sandi tentang kenaikan harga bahan pokok. Padahal, harga bahan pokok stabil saat natal dan tahun baru.
 
"Pengangguran terbukti menurun justru di era Jokowi. Ini sandiwara sandi yang kasetnya diputar terus menerus," pungkas Ace.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif