Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara. (Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara. (Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla)

Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Penang

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 07 Mei 2019 12:20
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merekap dan menetapkan hasil penghitungan suara Pemilu 2019 untuk wilayah kerja Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) Penang, Malaysia. Hasilnya, paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang telak atas pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
Berdasarkan sertifikat hasil rekapitulasi perolehan suara atau Formulir DA I yang dibacakan pada rapat pleno terbuka, Selasa, 7 Mei 2019, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 23.703 suara, sedangkan Prabowo-Sandi hanya mendapatkan 7.987 suara.
 
PPLN Penang menetapkan 66.665 WNI sebagai pemilih dengan rincian 60.489 dalam daftar pemilih tetap (DPT), 56 daftar pemilih tambahan (DPTb) dan 6.120 sebagai pemilih khusus (DPK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, partisipasi pemilih di Penang bisa diketagorikan rendah. Pasalnya dari total WNI yang terdaftar dalam DPT, hanya 32.970 yang menggunakan hak pilihnya. Jumlah itu hanya setengah dari total pemilih yang terdata.
 
Baca juga:Ralat Suara Sandiaga Memperkuat Tudingan 'Setan Gundul'
 
Dari seluruh suara yang masuk, sebanyak 1.280 suara dinyatakan tidak sah. Pemungutan suara di Penang sendiri dilakukan dengan metode tempat pemungutan suara luar negeri (TPS LN) dan Kotak Suara Keliling (KSK).
 
Hingga Selasa siang, KPU telah merekap dan menetapkan hasil rekapitulasi di 36 dari 130 wilayah kerja PPLN. Masih ada 94 PPLN yang harus direkap dan ditetapkan oleh KPU.
 
KPU sendiri menargetkan proses rekapitulasi dan penetapan hasil pemilu luar negeri rampung besok, Rabu, 8 April 2019. Untuk mengebut proses rekapitulasi dan penetapan pemilu luar negeri, KPU membagi rapat pleno terbuka ke dalam dua panel.
 
Sementara itu, dari 36 PPLN yang telah direkap dan ditetapkan, pasangan 01 memperoleh kemenangan di 18 wilayah kerja PPLN di antaranya PPLN Washington DC, PPLN Melbourne, PPLN Los Angeles, PPLN Hong Kong, PPLN Singapura, PPLN Tokyo dan lainnya. Sementara pasangan 02 memperoleh kemenangan di PPLN Karachi, PPLN Jeddah, PPLN Abu Dhabi, PPLN Doha, dan PPLN Kairo.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif