Jakarta - Dalam momentum pengetesan mandiri yang dilakukan Medcom.id terhadap The All New Sante Fe Hybrid tipe Calligraphy (tipe teratas), fitur regeneratif adalah salah satu yang menarik. Mengingat fitur ini bisa diaktifkan melalui paddle shifter bagian kiri.
Untuk versi pengaturan bawaan ketika mobil dinyalakan, maka fitur regeneratif braking tidak akan aktif. Cara mengaktifkannya adalah dengan menekan tuas paddle shifter yang ada di belakang kemudi sebelah kiri.
Ketika ditekan sebanyak dua kali, maka mode regeneratif akan langsung ke level dua. Artinya pengereman yang menghasilkan tenaga listrik dan disimpan kembali ke baterai mulai lebih berat efek pengeremannya. Sementara untuk level 3, akan jauh lebih terasa.
Namun ada momentum di saat sistem regeneratif tidak akan bisa diaktifkan dan muncul notifikasi di instrumen MID atau spidometer mobil ini. Di mana notifikasi itu berbunyi bahwa sistem regeneratif tidak memenuhi syarat untuk dilakukan aktivasi.
Jika Sobat Medcom mengalami hal ini, jangan panik. Tentu ini bukan salah satu gejala terjadinya kerusakan. Melainkan ada klausul atau sebab tidak diaktifkannya sistem tersebut. Penyebabnya adalah karena baterai sudah terisi penuh. Sehingga untuk mengisi baterai tersebut melalui sistem pengereman regeneratif tak memungkinkan lagi.
Mengingat kapasitas baterai di mobil ini cukup kecil yaitu 1,49 kWh, maka pengisian dari sistem regeneratif juga tidak akan berlangsung lama. Apalagi di kondisi jalan menurun yang cukup panjang yang membuat pedal akselerator lebih banyak nganggur ketimbang digunakan.
Jika Sobat mengalaminya, maka santai saja. Mengingat Sobat bisa memanfaatkan fitur deselerasi di Mode Sport. Di mana paddle shifter-nya berfungsi untuk menurunkan percepatan dan menahannya di percepatan tertentu sesuai kebutuhan. Mengingat meski kondisi mesin meraung, konsumsi BBM tetap efisien dan tidak akan seperti ketika Sobat melakukan akselerasi.
Jakarta - Dalam momentum pengetesan mandiri yang dilakukan
Medcom.id terhadap The All New
Sante Fe Hybrid tipe Calligraphy (tipe teratas), fitur
regeneratif adalah salah satu yang menarik. Mengingat fitur ini bisa diaktifkan melalui
paddle shifter bagian kiri.
Untuk versi pengaturan bawaan ketika mobil dinyalakan, maka fitur regeneratif braking tidak akan aktif. Cara mengaktifkannya adalah dengan menekan tuas paddle shifter yang ada di belakang kemudi sebelah kiri.
Ketika ditekan sebanyak dua kali, maka mode regeneratif akan langsung ke level dua. Artinya pengereman yang menghasilkan tenaga listrik dan disimpan kembali ke baterai mulai lebih berat efek pengeremannya. Sementara untuk level 3, akan jauh lebih terasa.
Namun ada momentum di saat sistem regeneratif tidak akan bisa diaktifkan dan muncul notifikasi di instrumen MID atau spidometer mobil ini. Di mana notifikasi itu berbunyi bahwa sistem regeneratif tidak memenuhi syarat untuk dilakukan aktivasi.
Jika Sobat Medcom mengalami hal ini, jangan panik. Tentu ini bukan salah satu gejala terjadinya kerusakan. Melainkan ada klausul atau sebab tidak diaktifkannya sistem tersebut. Penyebabnya adalah karena baterai sudah terisi penuh. Sehingga untuk mengisi baterai tersebut melalui sistem pengereman regeneratif tak memungkinkan lagi.
Mengingat kapasitas baterai di mobil ini cukup kecil yaitu 1,49 kWh, maka pengisian dari sistem regeneratif juga tidak akan berlangsung lama. Apalagi di kondisi jalan menurun yang cukup panjang yang membuat pedal akselerator lebih banyak nganggur ketimbang digunakan.
Jika Sobat mengalaminya, maka santai saja. Mengingat Sobat bisa memanfaatkan fitur deselerasi di Mode Sport. Di mana paddle shifter-nya berfungsi untuk menurunkan percepatan dan menahannya di percepatan tertentu sesuai kebutuhan. Mengingat meski kondisi mesin meraung, konsumsi BBM tetap efisien dan tidak akan seperti ketika Sobat melakukan akselerasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)