Bus Sinar Jaya yang menggunakan sasis Hino Bus RN 285. Hino
Bus Sinar Jaya yang menggunakan sasis Hino Bus RN 285. Hino

Kendaraan Komersial

Uji Coba Hino Bus RN 285, Ini Hasil Pengetesannya

Otomotif test drive hino Kendaraan Komersial Hino Bus RN 285
Ekawan Raharja • 26 September 2021 18:00
Jakarta: Hino Bus RN 285 menjadi sasis bus terbaru yang diperuntukan mendukung bus antar kota, bus karyawan, bus sekolah, dan bus pariwisata di Tanah Air. Sebagai teknologi terbaru, pihak produsen kemudian melakukan on road test untuk memastikan kondisinya ketika digunakan oleh para perusahaan otobus (PO).
 
Jenama asal Jepang ini melakukan sesi pengujian untuk mengukur temperatur oli mesin bus bersasis RN 285 yang melintasi ruas tol Trans Jawa. Pengetesan menggunakan perangkat Monitoring Graphtec Digital Logger.
 
Selama pengujian, data Hino DX II memonitor kecepatan bus, putaran mesin (rpm), engine coolant temperature dan konsumsi bahan bakar. Bus yang dites adalah unit bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) PO Sinar Jaya jurusan Jakarta-Surabaya (PP) dengan mengangkut 33 penumpang dengan kapasitas bagasi penuh.
 
Saat pengetesan, bus diberangkatkan dari Terminal Pulogebang, Jakarta tujuan Terminal Purabaya, Surabaya melintasi ruas tol Trans Jawa. Dari hasil monitor data saat pengetesan menunjukkan temperatur oli sebesar 119.5° Celcius. Indikator ini di bawah standard flash point-nya, yakni 230° Celsius.
 
Sementara itu, rpm tertinggi mencapai 2.762 dan kecepatan tertinggi bus mencapai 143 kilometer per jam. Sementara, rpm terendah berada di level 2.321 dan kecepatan terendah di 107 kilometer per jam.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif