new Daihatsu Sirion. Daihatsu
new Daihatsu Sirion. Daihatsu

Test Drive

Menguji New Daihatsu Sirion Di Luar Habitatnya, Masih Fun to Drive?

Ekawan Raharja • 18 Juli 2022 19:31
Manado: New Daihatsu Sirion merupakan salah satu city car yang masih bertahan dan terus dipasarkan di Indonesia. Mobil ini kemudian mendapatkan penyegaran di berbagai aspek untuk meningkatkan performa dan kenyamanan selama berkendara.
 
Tester driver Medcom.id mencoba New Sirion R CVT dengan pembaruan dari penggunaan transmisi D-CVT, sejumlah bagian tampilan yang lebih modern, serta penambahan fitur untuk menunjang perjalanan. Mobil ini diisi dengan konfigurasi 4 orang penumpang, dan bagasi yang terisi penuh dengan tas serta koper.
 
Agar berbeda, tester driver Medcom.id mencoba mobil produksi Malaysia ini bukan di habitatnya yakni area Perkotaan. Namun, tester driver Medcom.id mengetesnya dengan membawa dari Manado dan kemudian naik ke Tomohon, serta berkeliling di daerah pegunungan tersebut.
 
Kontur yang menantang ini jelas sangat menarik untuk menguji coba seberapa menyenangkan berkendara dengan transmisi D-CVT. Mengingat transmisi ini menggabungkan antara kenyamanan CVT di kecepatan rendah, dengan transmisi otomatis konvensional di kecepatan tinggi.
 
Hasilnya terasa cukup menyenangkan untuk di jalanan yang stop and go, serta menghadapi berbagai tanjakan. Teknologi CVT sangat terasa membantu kala memulai perjalanan karena tenaga bisa didapatkan dengan cepat dan halus. Kemudian memasuki kecepatan tinggi, di atas 60 kilometer per jam, kecepatan tinggi bisa dicapai dengan mudah.
 
 
Ciri khas dari tuas transmisi New Sirion ini adalah kode S dan B. S berarti Sport memberikan akselerasi yang lebih spontan dan agresif, sehingga sangat membantu menghadapi tanjakan dengan elevasi yang cukup tinggi. Sedangkan B yang berarti Brake akan membantu deselerasi mobil saat turunan dengan bantuan transmisi dan mesin.
 
Berhenti ditanjakan juga bukan menjadi momok bagi tester driver karena New Sirion sudah dilengkapi dengan Hill-Start Assist. Sehingga tester driver tidak perlu takut mobil mundur kala melanjutkan perjalanan dari kondisi tanjakan.
 
Soal performa juga tidak perlu ragu, masih dengan mesin 1.329 cc bertenaga 93,7 daya kuda dan torsi 119,6 nm. Jelas mesin yang ditawarkan di atas rata-rata city car yang ada di Indonesia seperti Honda Brio RS atau Suzuki Ignis.
 
Rasa nyaman sebagai penumpang juga cukup terbantu dengan sistem hiburan di head unit yang sudah terkoneksi dengan Android Auto. Hanya saja untuk soket kabel ini berada di dalam glove box, sehingga aksesnya kurang nyaman untuk dijangkau.
 
Kemudian tester driver Medcom.id duduk di belakang, merasakan suspensi di belakang sebaiknya dibuat lebih empuk lagi untuk meredam guncangan. Terasa penumpang belakang kurang nyaman kala melewati polisi tidur atau jalan berlubang, di mana bantingan mobil terasa keras.
 
Namun secara keseluruhan, mobil seharga Rp236,8 juta (on the road DKI Jakarta) ini menyenangkan untuk digunakan sehari-hari di dalam perkotaan. Terlebih, New Sirion merupakan produksi Daihatsu dan didukung dengan bengkel resmi yang tersebar banyak di Indonesia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan