Tiga Menteri menjajal mobil listrik dari Wuling dan menantang brand itu untuk segera membuat ekosistem mobil listrik di Indonesia. Wuling Motors
Tiga Menteri menjajal mobil listrik dari Wuling dan menantang brand itu untuk segera membuat ekosistem mobil listrik di Indonesia. Wuling Motors

Dua Menteri Tantang Wuling Bangun Ekosistem Mobil Listrik

Ahmad Garuda • 01 Oktober 2021 15:17
Membuat ekosistem mobil listrik adalah pekerjaan luar biasa yang harus dihadapi pemerintah dan para investor kendaraan listrik untuk membuat kendaraan ramah lingkungan ini bisa laris. Disadari atau tidak, pemerintah wajib memberikan tantangan kepada brand otomotif untuk menghadirkan ekosistem selain mobilnya.
 
Hal inilah yang membuat tiga Menteri di antaranya, Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub), Ir. Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menantang brang otomotif untuk berinvestasi lebih jauh.
 
Dalam hal ini, ketiga menteri negara tersebut, berkunjung ke pabrik Wuling Motors (Wuling) di Cikarang, Jawa Barat pada Kamis (30/9/2021) kemarin. Kedatangan ketiga orang penting ke fasilitas manufaktur mobil merek Tiongkok itu lantaran era elektrifikasi kendaraan listrik di Tanah Air, cukup masif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:
Ternyata Ini Alasan Mobil Listrik Berplat Biru
 
“Realisasi investasi kami di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas produksi dan supplier park dengan standar kualitas global. Kami serius membawa teknologi dan berinvestasi di era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, dukungan dari pemerintah juga penting agar ekosistem EV cepat terbentuk," klaim President Director Wuling Motors, Shi Guoyong saat menerima ketiga Menteri itu.
 
Ajakan Menko Marves dan Menhub untuk bekerja sama di bidang kendaraan listrik, termasuk infrastrukturnya pun menjadi tajuk utamanya. Rencana ke depan perkembangan kendaraan listrik brand ini pun memang sudah ada. Tinggal melihat peluang percepatannya aja, termasuk dari sisi infrastrukturnya.
 
 

Mobil-mobil listrik yang sudah diproduksi brand ini dan sudah dijual di Tiongkok terdapat beberapa tipe. Mulai dari E100, E200, E300, hingga Mini EV yang cukup diminati tahun ini.  
 
Teknologi yang ada di platform GSEV tersebut terdiri dari kendaraan penumpang dan logistik tanpa pengemudi, konektivitasi 5G, serta komputasi Cloud. Dengan demikian, Wuling sudah memiliki rangkaian produk EV dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.
 
Dalam kunjungan tersebut, para Menteri juga mencoba pengalaman berkendara dengan mobil listrik di area terbatas kantor pusat brand tersebut. Dipandu oleh Arif Pramadana, para Menteri dapat merasakan langsung kendaraan listrik Wuling dan mencoba inovasi yang terdapat pada dua kendaraan listrik Wuling, yakni E100 dan Mini EV.
 
Lantaran kondisi pabrik beroperasi masih berada dalam masa pandemi, para pekerja di pabrik mobil ini pun menunjukkan komitmen menjaga kesehatan saat melakukan produksi kendaraan.
 
(UDA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif