Ilustrasi pelat biru. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi pelat biru. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mobil Listrik

Ternyata Ini Alasan Mobil Listrik Berplat Biru

Ekawan Raharja • 30 September 2021 12:00
Jakarta: Pilihan mobil listrik yang semakin banyak di Indonesia membuat pemerintah melakukan penyesuaian terhadap peraturan yang berlaku. Salah satunya dengan memberlakukan pelat nomor dengan garis biru.
 
Mantan Kepala Seksi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Martinus Aditya, menjelaskan pelat bergaris biru ini akan hanya digunakan untuk kendaraan bermotor yang menganut teknologi listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV). Sedangkan untuk kendaraan bermotor yang masih menggunakan teknologi hybrid atau plug-in hybrid (PHEV) masih menggunakan pelat nomor hitam seperti biasa,.
 
"Ini kan menggunakan baterai, listrik murni. Separuh mesin (hybrid), bukan," terangnya kepada Medcom.id beberapa waktu lalu.
 
Pemberlakuan pelat yang berbeda ini memiliki alasan. Menurut Kementerian Perhubungan, pelat ini agar menjadi pembeda antara mobil konvensional dan mobil listrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nah, mobil listrik ini mulai resmi menggunakan plat nomor khusus berwarna biru, alasannya agar lebih memudahkan petugas untuk mengindentifikasi. Selain itu, mobil listrik memiliki hak-hak istimewa, salah satunya adalah dapat beroperasi di tanggal ganjil maupun genap," dikutip dari laman takarir Instagram kemenhub151.
 
Pemberlakuan pelat biru ini diakui Kementerian Perhubungan sebagai bentuk dukungan Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan. Kendaraan listrik sudah mulai beroperasi nih sejak tahun 2020 lalu.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif