Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Akar Rumput Gerinda Belum Satu Suara Gabung Pemerintahan

Nasional kabinet jokowi presiden jokowi
Whisnu Mardiansyah • 10 Oktober 2019 14:42
Jakarta: Akar rumput Partai Gerindra belum satu suara terkait kemungkinan partai merapat ke pemerintahan. Ada konsekuensi yang diterima bila bergabung bersama pemerintah.
 
"Tidak mudah juga bagi Gerindra untuk menyatakan diri masuk ke pemerintahan. Kita harus merasionalisasikan kepada para kader dan anggota dewan pembina," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Dasco mengakui internal partai juga belum satu suara terkait kemungkinan merapat ke pemerintah. "Karena untuk mengambil keputusan di dalam (bergabung ke pemerintah), itu sama beratnya dengan mengambil keputusan apakah di luar. Karena ini kan pendapat-pendapat yang berimbang," ujar Dasco.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gerindra enggan mematok pos-pos menteri yang diincar. Terpenting, saat ini membuat keputusan lebih dulu soal nasib Gerindra.
 
"Kalau memang diputuskan (masuk pemerintahan), kita akan ikut. Baru kemudian kita membicarakan bidang dan nama yang membawahkan bidang-bidang yang mungkin akan diserahkan presiden kepada kita," tutur dia.
 
Isu bergabungnya Gerindra ke kabinet pertama kali diungkapkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Puyono. Ia menyebut ada tiga pos posisi menteri yang disiapkan untuk partai.
 
"Ya sepertinya kita memang akan minta tiga posisi kementerian di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, tapi semua itu bergantung dengan Presiden Joko Widodo yang punya hak menyusun kabinet," kata Puyono, Jumat, 4 Oktober 2019.
 
Tiga nama kader Partai Gerindra yang digadang-gadang masuk kabinet, yakni Waketum Gerindra Edhy Prabowo, Waketum Gerindra Fadli Zon, dan Sandiaga Uno.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif