NEWSTICKER
Ilustrasi aparatur sipil negara. MI/Ramdani
Ilustrasi aparatur sipil negara. MI/Ramdani

Pemda Diinstruksikan Sigap Menangani Korona

Nasional Virus Korona virus corona
Theofilus Ifan Sucipto • 25 Maret 2020 07:31
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta seluruh kepala daerah cekatan mengatasi dan mencegah pencegahan wabah virus korona (covid-19). Setiap pemerintah daerah (pemda) juga diimbau berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk mempercepat penanganan.
 
“Membantu dan mendukung pelaksanaan pencegahan, penyebaran, serta penanganan covid-19 di tingkat daerah serta instansi lainnya,” kata pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar Baharudin di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Program pencegahan bisa dilakukan dengan berbagi cara. Mulai dari menjelaskan, menggelar bimbingan, hingga penyuluhan pada masyarakat dengan koordinasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahtiar meminta kepala daerah menjaga situasi masyarakat agar tetap kondusif. Salah satunya dengan mengantisipasi dan mewaspadai setiap penyebaran informasi atau hoaks terkait covid-19.
 
Baca: Jokowi Instruksikan Pemda Segera Realokasi Anggaran
 
Bahtiar mengimbau agar kepala daerah juga berkoordinasi dengan forum mitra kesatuan bangsa dan politik (Kesbangol). Misalnya, kata dia, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (KSDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).
 
“Serta melibatkan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat untuk turut serta membantu pemerintah daerah,” imbuh Kepala Pusat Penerangan Kemendagri itu.
 
Bahtiar juga menginstruksikan agar pemerintah daerah segera mentukan prioritas program dan relokasi anggaran dalam percepatan penanganan covid-19. Hal itu, kata dia, harus berpedoman pada Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Relokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19)
 
Selain itu, pemda harus berpedoman Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah.
 
Baca: Jokowi Perintahkan APBN dan APBD Direalokasi untuk Korona
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif