Guru besar hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana. Istimewa
Guru besar hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana. Istimewa

Indonesia Jangan 'Memusuhi' Malaysia karena WNI Dilarang Masuk

Nasional Virus Korona indonesia-malaysia wni
Theofilus Ifan Sucipto • 06 September 2020 11:51
Jakarta: Indonesia perlu memahami alasan Malaysia melarang warga negara Indonesia (WNI) masuk karena pandemi virus korona (covid-19). Masyarakat Indonesia diajak tidak langsung 'memusuhi' Malaysia atas kebijakannya.
 
Guru besar hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menduga Malaysia ingin mengamankan perawatan covid-19 untuk warga negaranya. Dia memprediksi Malaysia khawatir masyarakatnya terbengkalai jika terlalu banyak warga negara asing, termasuk dari Indonesia.
 
“Mungkin (Malaysia) menganggap di Indonesia kemungkinan menularnya (covid-19) lebih tinggi dari negara lain,” ujar Hikmahanto dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Ditolak Masuk Malaysia, Indonesia Harus Apa?’ Minggu, 6 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pelarangan WNI Masuk ke Malaysia Dinilai Wajar
 
Rektor Universitas Jenderal A Yani itu mengajak masyarakat Indonesia tidak langsung membenci Malaysia. Sebab, kebijakan itu lumrah untuk melindungi kepentingan nasionalnya.
 
Hikmahanto juga membantah solidaritas negara-negara di Asia Tenggara merenggang jika ada negara menutup perbatasan dari negara tertentu. Seluruh kebijakan perlu diketahui muasalnya dan mencari solusi bersama. Apalagi, pemerintah sejumlah negara kewalahan menghadapi pandemi covid-19.
 
“Jangan buru-buru kita anggap itu tindakan kejam dan tidak bersahabat. Kita harus tahu dulu kenapa,” tutur dia.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif