Jalur khusus sepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jalur khusus sepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Alasan Masuk Akal Jalur Sepeda Permanen Sudirman-Thamrin Dibongkar

Nasional polri lalu lintas sepeda
Adri Prima • 17 Juni 2021 16:21
Jakarta: Wacana pembongkaran jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin tentunya bukan tanpa alasan. 
 
Usulan awal datang dari Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni yang meminta Polri untuk mengevaluasi keberadaan jalur sepeda permanen yang ada di Jalan Sudirman-Thamrin.
 
Alasan utama Sahroni adalah agar tidak ada diskriminasi antarpengguna moda transportasi, baik itu sepeda, sepeda motor, hingga mobil. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua pengguna menggunakan jalan tersebut. Kalau ada risiko ditanggung masing-masing," kata dia. 
 
Sahroni menambahkan Jalan Sudirman-Thamrin merupakan hak semua pengguna jalan. Jadi, sangat tidak adil jika salah satu moda transportasi diberikan fasilitas sedangkan yang lain tidak. 
 
Jika hal ini dibiarkan maka bukan tidak mungkin pengguna moda transportasi lain juga boleh meminta jalur khusus ke pemerintah.
 
"Jangan sampai nanti jalur permanen diminta juga oleh yang hobi motor, minta jalur khusus ke pemerintah seperti harley atau super bike," sambungnya.

Usulan diterima Kapolri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga sepakat untuk membongkar jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin. Listyo akan menyerap ilmu dari negara tetangga untuk membuat rute sepeda ideal. 
 
"Kami akan studi banding ke beberapa negara terdekat sehingga pengaturan rute sepeda untuk bekerja dan berolahraga baik," ujar Listyo dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Juni 2021.
 
Listyo berjanji Polri terus mencari formula yang pas ihwal jalur sepeda. Polisi, kata dia, bakal menggandeng sejumlah instansi, mulai dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif