LMAN menandatangani perjanjian kerja sama operasional dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Danadyaksa Cikini, Jakarta, Senin, 12 November 2018 (Foto:Dok.LMAN)
LMAN menandatangani perjanjian kerja sama operasional dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Danadyaksa Cikini, Jakarta, Senin, 12 November 2018 (Foto:Dok.LMAN)

LMAN dan LPDP Teken Kerja Sama Penggunaan Gedung Danadyaksa Cikini

Nasional lembaga manajemen aset negara (lman)
M Studio • 12 November 2018 19:20
Jakarta: Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menandatangani perjanjian kerja sama operasional dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Danadyaksa Cikini, Jakarta, Senin, 12 November 2018. Kerja sama ini berkaitan dengan penggunaan aset negara yang dikelola LMAN.
 
Perjanjian kerja sama tertuang dalam Surat Persetujuan Direktur Utama LMAN Nomor: S-1914/LMAN/2018 tertanggal 8 Agustus 2018 perihal Persetujuan Kerja Sama Operasional (KSO) Atas Aset Kelolaan LMAN berupa Tanah dan atau Bangunan di Jalan Cikini Raya Nomor 91 A sampai D Jakarta Pusat.
 
Perjanjian ditandatangani Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari dan Pelaksana Tugas Direktur LPDP Rionald Silaban disaksikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua belah pihak menyepakati penggunaan gedung Danayaksa Cikini oleh LPDP untuk lima tahun ke depan. Pendapatan atas hasil sewa tersebut akan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak pada kas LMAN yang akan digunakan untuk meningkatkan daya ungkit aset negara ke depan.
 
Sebelumnya, bangunan yang terletak di Jalan Cikini Raya Nomor 91, Menteng, Jakarta Pusat, ini dalam kondisi tak terawat dan diokupansi oleh pihak-pihak yang tidak berhak. Penebusan Hak tanggungan BI, penyelesaian tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan, pengurusan izin mendirikan bangunan, pensertifikatan adalah sejumlah aktivitas yang dilakukan oleh LMAN untuk meningkatkan status aset menjadi free and clear.
 
Selanjutnya, merenovasi bangunan tersebut untuk menjadi bangunan berfungsi yang menopang kebutuhan pasar adalah tantangan terbesar dari LMAN yang pada saat itu baru berusia belum genap setahun.
 
“Ke depan, LMAN terus diharapkan untuk menciptakan suatu pengelolaan Barang Milik Negara yang menjadi good practices, bukan hanya utilisasi, namun juga optimalisasi aset,” kata Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata.
 
Dengan demikian, tuntasnya peningkatan status baru milestone pertama yang merupakan faktor kunci agar aset tersebut dapat dioptimalkan. "Perjanjian kerja sama ini merupakan bukti LMAN telah sampai pada tahap optimalisasi tersebut," ujar Rahayu Puspasari.
 
Hal lain yang tidak kalah membanggakan adalah sinergi antar lembaga badan layanan umum, yaitu antara LMAN dengan LPDP selaku pihak yang memanfaatkan aset tersebut. Gedung Dhanadyaksa Cikini akan digunakan sebagai kantor operasional LPDP. Aset diserahkelolakan kepada LMAN untuk dikelola dan dioptimalisasi berdasarkan Keputusan Dirjen Kekayaaan Negara Nomor 204/KN/2016 tentang Penyerahkelolaan Kekayaan Negara Lain yang dikelola Menteri Keuangan kepada LMAN.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif