Kemendikbud menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke XI. (Foto: Dok. Kemendikbud)
Kemendikbud menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke XI. (Foto: Dok. Kemendikbud)

Asah Kreativitas Siswa, Kemendikbud Selenggarakan FLS2N XI

Nasional Kemdikbud
Anggi Tondi Martaon • 29 Agustus 2018 13:35
Jakarta: Guna kian mengasah kreativitas pelajar Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke XI.
 
Pada tahun ini, Kemendikbud mengangkat tema Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter. Diharapkan, melalui FLS2N pelajar dapat mengembangkan minat dan bakat di bidang seni.
 
Asah Kreativitas Siswa, Kemendikbud Selenggarakan FLS2N XI
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemdikbud)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain bekompetisi, tujuan ajang ini adalah sebagai upaya pemerintah dalam menjaga seni budaya Indonesia. Tak hanya itu, ajang FLS2N juga menjadi wadah untuk memacu dan mendorong sesama siswa mengamalkan Pancasila dalam wujud seni.
 
Ajang FLS2N diselenggarakan pada 26 Agustus hingga 1 September 2018. Penyelenggaraan dilakukan di dua lokasi, yaitu Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk jenjang Sekolah Dasar, SMP/MTs, dan PKLK.
 
Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas sederajat akan dilaksanakan di Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
 
Asah Kreativitas Siswa, Kemendikbud Selenggarakan FLS2N XI
(Foto: Dok. Kemendikbud)
 
Peserta FLS2N merupakan siswa terbaik yang telah melalui proses seleksi dari tingkat kecamatan hingga provinsi. Total peserta tahun ini berjumlah 1.947 siswa, terdiri atas 204 siswa SD, 442 siswa SMP, 306 siswa PKLK, 476 siswa SMA, dan 519 siswa SMK.
 
Untuk tingkat SD, akan digelar lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, dan gambar bercerita. Tingkat SMP sederajat akan unjuk prestasi lomba menyanyi solo, musik tradisional, desain poster, dan gitar klasik.
 
Sementara, untuk tingkat PKLK akan dilombakan seni menyanyi solo, menari, desain grafis, pantomim, melukis, dan MTQ. Tingkat SMA akan mengikuti lomba menyanyi solo, tari kreasi berpasangan, baca puisi, cipta puisi, gitar solo, desain poster, kriya film pendek, dan teater monolog. Terakhir, kelompok SMK akan mengikuti lomba menyanyi solo, tari tradisional, gitar, teater, dan film pendek.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif