<i>Santri Jangan Terjebak Pesimisme</i>
Ma'ruf Amin menghadiri peringatan hari santri di Palangkaraya/Medcom.id/Adin
Palangka Raya: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengingatkan santri jangan terjebak pesimisme tentang bubarnya Indonesia. Apalagi, Presiden Joko Widodo sudah membangun fondasi kuat untuk penerus bangsa.

"Kalau ini (fondasi dalam berbagai aspek) kita manfaatkan, Indonesia bisa tinggal landas," tegas Ma'ruf pada peringatan Hari Santri Nasional di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa, 23 Oktober 2018.

Para santri, kata dia, harus menjadi sumber daya manusia tangguh. Mereka harus memiliki kompetensi dan semangat tinggi membangun negeri.


Baca: Ma'ruf Amin: Jokowi Mencintai Santri

Ma'ruf sempat menyingung semangat atlet Indonesia pada Asian Games dan Asian Para Games 2018. Semangat juang pahlawan olahraga mampu membawa Indonesia menempati posisi ke-4 di Asian Games. Target perolehan medali pun terlampaui.

"Kita harus memiliki semangat juang tinggi seperti itu," kata Ma'ruf.

Baca: Ma'ruf Amin: Hari Santri Ada Berkat Jokowi

Pembelajaran dan implementasi nyata ilmu selama di pondok pesantren menjadi salah satu cara mewujudkan itu. Selain mampu membaca Alquran, mereka harus bisa membaca tata kehidupan masyarakat.

"Bukan hanya membaca, tapi mencarikan solusi untuk menguraikan dan menyelesaikan problem di masyarakat," beber dia.

Baca: Santri Wajib Cegah Konflik di Indonesia

Momentum hari santri, terang Ma'ruf, menjadi kesempatan santri mengintrospeksi diri. Terutama dalam menyerap semangat perjuangan santri di masa lalu. Mereka harus mengingat betul pendahulu yang mengawal kemerdekaan melalui jihad.

"Inilah yang harus kita bangun, jadikan inspirasinya dari Hari Santri Nasional ini," ucap Ma'ruf.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id