Mengunjungi Toko Buku dan Berdiskusi, Kebiasaan Mendagri di Sela Rutinitas Padat

Anggi Tondi Martaon 20 Juli 2018 12:03 WIB
Berita Kemendagri
Mengunjungi Toko Buku dan Berdiskusi, Kebiasaan Mendagri di Sela Rutinitas Padat
Mendagri Tjahjo Kumolo. (Foto: Dok. Kemendagri)
Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo memiliki kebiasaaan unik di sela kesibukan mengurus pemerintahan. Dia selalu menyempatkan mampir ke toko buku.

Seperti yang tampak saat tengah menunggu jadwal penerbangan dalam perjalanan dinas ke Bandar Lampung pada Rabu, 18 Juli 2018. Saat menuju ruang tunggu keberangkatan di Gate 17 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, mantan Sekjen PDI Perjuangan itu mampir sejenak ke toko buku dan memperhatikan berbagai jenis buku yang terpajang di rak.

Berselang beberapa waktu, Menteri Tjahjo keluar toko. Tangannya menenteng beberapa buku dan majalah. Ia pun memanggil beberapa wartawan yang ikut dalam kunjungan kerja dan menyerahkan buku tersebut sebagai hadiah.


"Ini buku, mudah-mudahan bermanfaat. Bukunya menarik, baca ya," kata Tjahjo dikutip keterangan tertulis, Jumat, 20 Juli 2018.

Salah satu jenis buku yang diserahkan kepada wartawan yaitu berisi tentang kisah dan foto tentang sejarah perjuangan pada era penjajahan Belanda.

Kebiasaan lain Tjahjo yaitu selalu mengisi waktu dengan diskusi dengan berbagai kalangan. Hal itu ditunjukannya di Bandara Raden Inten II Lampung. 

Di sana, Tjahjo yang didapmpingi oleh Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar, dan dua orang staf ahli Didik Suprayitno dan Arief, membahas dinamika di Provinsi Lampung usai menggelar Pilkada. Diskusi tersebut dilakukan bersama pejabat Polda dan Danrem Lampung. 

"Tadi sampai di airport sambil makan pagi, saya rapat dengan Pak Kapolda, dengan Pak Kabinda, dengan Pak Danrem, Pak Kasrem juga hadir untuk sedikit mencermati gelagat perkembangan dinamika yang ada di provinsi Lampung usai Pilkada serentak," kata Tjahjo. 

Ya, begitulah Menteri Tjahjo. Setiap kunjungan kerja, ia selalu menerapkan peribahasa sambil menyelam, minum air. Sekali kunjungan, dua atau tiga kegiatan bisa dilakukan sekaligus.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id