Sebanyak 3.103 personel Komponen Cadangan 2021 dilantik Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI
Sebanyak 3.103 personel Komponen Cadangan 2021 dilantik Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI

Apa Itu Komcad, Urgensi, dan Cara mendaftarnya?

Nasional Jokowi tni pertahanan negara presiden joko widodo Ibunda Presiden Jokowi Wafat Kementerian Pertahanan Pemerintah Bentuk Komcad
Cindy • 07 Oktober 2021 15:45
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 3.103 personel Komponen Cadangan (Komcad) 2021. Upacara pelantikan digelar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, hari ini, Kamis, 7 Oktober 2021. 
 
Publik banyak yang bertanya-tanya apa itu Komcad? Seberapa genting pembentukan Komcad? Dan bagaimana cara mendaftar sebagai anggota Komcad?
 
Tim medcom.id mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan data dari Kementerian Pertahanan di laman ppid.kemhan.go.id.

Apa itu Komcad?

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Istimewa
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Istimewa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Merujuk Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Komcad merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama TNI
 
Komcad bukan wajib militer. Komcad adalah salah satu program sukarela atau tidak wajib. Komcad terbagi menjadi empat bagian, yakni Komcad sumber daya manusia, Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan, dan Komcad sarana prasarana. 
 
Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat di bawah ancaman perang atau bencana alam. Komcad hanya bisa dikerahkan oleh Presiden atas persetujuan DPR.
 
Baca: Jokowi Lantik 3.103 Personel Komponen Cadangan 2021

Urgensi pembentukan Komcad

UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara menjelaskan pertahanan negara Indonesia diselenggarakan melalui Sistem Pertahanan Semesta. Dalam sistem tersebut, seluruh warga negara, wilayah, serta segenap sumber daya nasional dilibatkan dalam pembentukan pemerintahan. 
 
Komcad adalah salah satu implementasi yang selama ini diamanatkan UU Nomor 23 Tahun 2019, namun sejatinya belum dibentuk dan terorganisasi dengan baik. Negara-negara besar lainnya, seperti Amerika Serikat melalui Garda Nasional, dan Singapura, telah memiliki komponen cadangan pertahanan dalam jumlah jauh lebih besar. 
 
Untuk itu, negara membutuhkan persiapan dan kesiapan pertahanan yang kuat untuk mengantisipasi ancaman terhadap kedaulatan NKRI maupun bencana alam. Komponen utama TNI harus selalu siap sedia dan agar kesiapsediaan komponen utama semakin kuat, maka disokong oleh Komcad. 
 



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif