Ibadah Haji ilustrasi. Foto: AFP.
Ibadah Haji ilustrasi. Foto: AFP.

Populer Nasional: Sebaran Kuota Haji 2022 Hingga 6 Jenis Vaksin untuk Booster

Nasional KPK kementerian agama haji ibadah haji pelanggaran etik vaksin covid-19 Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Nasional Vaksin Booster Berita Populer Lili Pintauli Siregar
Lukman Diah Sari • 27 April 2022 07:10
Jakarta: Sejumlah pemberitaan di kanal Nasional Medcom.id mendapat perhatian publik dan menjadi populer, pada Selasa, 26 April 2022. Pertama, daftar sebaran kuota jemaah haji Indonesia 2022. 
 
Indonesia mendapat jatah 100.051 kuota jemaah dari pemerintah Arab Saudi untuk ibadah haji tahun ini. Jumlah ini terdiri atas 92.825 haji reguler dan 7.226 haji khusus.
 
"Alhamdulillah, sebagai kelanjutan alokasi kuota haji yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, saya telah menerbitkan KMA (Keputusan Menteri Agama) tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas melalui keterangan tertulis, Selasa, 26 April 2022.
 
KMA Nomor 405 tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi, menetapkan 92.246 kuota jemaah haji reguler tahun berjalan, 114 pembimbing, dan 465 petugas haji daerah. Sementara, untuk kuota haji khusus, terdiri atas 6.664 jemaah dan 562 petugas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selengkapnya baca di sini: Daftar Sebaran Kuota Jemaah Haji Indonesia 2022
 
Selanjutnya, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membutuhkan keterangan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati untuk mendalami dugaan pelanggaran etik penerimaan fasilitas nonton MotoGP yang dilakukan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Namun, hingga kini Nicke tak kunjung memenuhi panggilan Dewas KPK.
 
"Klarifikasi terhadap pihak Pertamina belum tuntas karena Dirut Pertamina (Nicke Widyawati) tidak koperatif," kata anggota Dewas KPK Syamsudin Haris melalui keterangan tertulis, Selasa, 26 April 2022.
 
Syamsudin mengatakan pihaknya sudah meminta Nicke untuk hadir pada 21 April 2022. Namun, Nicke mengakut tidak bisa hadir karena ada kepentingan lain yang tidak bisa ditunda.
 
Selengkapnya baca di sini: Dewas KPK Sebut Dirut Pertamina Tak Kooperatif
 
Terakhir, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperbarui daftar vaksin covid-19 untuk booster. Sebanyak enam jenis vaksin covid-19 digunakan untuk booster, yakni Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, Janssen, dan Sinopharm.
 
Sinovac merupakan yang terbaru dimasukkan dalam daftar vaksin booster. Hal itu didasari rekomendasi penyediaan vaksin halal dari Putusan Mahkamah Agung (MA).
 
"Masyarakat yang merasa nyaman untuk menggunakan vaksin Sinovac, kami membuka peluang vaksin tersebut untuk bisa digunakan juga sebagai vaksin booster,” ujar juru bicara vaksinasi covid-19 Kemenkes l Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Senin, 25 April 2022.
 
Selengkapnya baca di sini: Ini 6 Jenis Vaksin yang Kini Digunakan untuk Booster
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif