Asal Mula Vlog, Blog, dan Bagaimana Menjadikannya Ladang Uang

Rosa Anggreati 21 November 2018 19:07 WIB
bank indonesiaBI Goes to Campus
Asal Mula Vlog, Blog, dan Bagaimana Menjadikannya Ladang Uang
Tunjukkan kepiawaian Anda ngevlog dan ngeblog dengan mengikuti Video & Blog Competition berhadiah total Rp200 juta yang diselenggarakan BI Goes to Campus 2018 (Foto:Shutterstock)
Jakarta: Kegiatan membuat vlog dan blog mulai jamak dilakukan orang sejak beberapa tahun terakhir. Seiring perkembangan teknologi digital, kegiatan tersebut kian masif.

Bahkan, tak sedikit orang yang akhirnya menjadikan kegiatan ngevlog dan blog sebagai sumber pemasukan utama. Mereka dikenal dengan julukan vloger dan blogger.

Dikutip Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari "web log," yaitu aplikasi web berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.


Istilah web log kali pertama digunakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dirilis perusahaan Silicon Valley yakni Pyra Labs, pada Agustus 1999. 

Itu sekilas sejarah kemunculan blog. Bagaimana dengan vlog? Vlog  atau video blogging merupakan bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio. Dalam proses pembuatannya, digunakan perangkat berupa ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi mikrofon.

Vlog mulai menunjukkan eksistensi signifikan pada 2004. Popularitasnya kian meningkat pada awal 2005. Khusus di Indonesia, vlog mulai populer dan digandrungi pada 2014. Hal ini tampak dengan peningkatan pesat hingga 600 persen video yang diunggah ke YouTube. 

Dalam perjalanannya, vlog menjadi media yang cukup ampuh untuk mempromosikan produk tertentu. Vlog juga efektif untuk menyebarkan suatu informasi. Inilah yang membuat vlog dapat dijadikan sumber pendapatan. Dari sini juga akhirnya muncul para influencer yang dapat membangun dan memengaruhi opini di masyarakat.


Mendapatkan Uang dari Video dan Blog

Apakah Anda termasuk orang yang gemar memproduksi video dan menulis blog? Manfaatkan talenta Anda dengan mengikuti kompetisi membuat video dan blog berhadiah uang jutaan rupiah. 

Kebetulan, BI Goes to Campus 2018 tengah menyelenggarakan Video & Blog Competition berhadiah total Rp200 juta. Ini peluang emas bagi Anda untuk menunjukkan kepiawaian ngevlog dan ngeblog.

Bagaimana cara mengikuti kompetisi ini? Anda hanya perlu membuat video dan blog dengan memilih satu di antara dua tema, yaitu Ekonomi Digital #Ecodigi, Perlindungan Konsumen #amanbertransaksi.

Tema tersebut sengaja dipilih Bank Indonesia (BI) guna mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya penerapan ekonomi digital seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi secara digital. BI juga mengedepankan pentingnya perlindungan konsumen pada era ekonomi digital.

Periode penyelenggaraan Bank Indonesia Video dan Blog Competition berlangsung pada 1 November hingga 15 Desember 2018.

Segera daftarkan diri Anda, sekarang! Syarat dan ketentuan, serta mekanisme kompetisi dapat Anda lihat di sini.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id