Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. MI/Susanto
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. MI/Susanto

Pandemi Terkendali, Kepala BIN: Pemerintah Konsentrasi Pemulihan Ekonomi

Nasional pemilu bin pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Lukman Diah Sari • 18 April 2022 17:37
Jakarta: Pandemi covid-19 di Indonesia dipastikan semakin terkendali. Hal itu terlihat dari penambahan kasus positif harian yang di bawah seribu, keterisian bed rumah sakit di bawah enam persen dan positivy rate di bawah lima persen. 
 
Menurut Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, keberhasilan itu seharusnya bisa menciptakan kodisi yang baik bagi pemerintah untuk berkonsentrasi menjalankan program pemulihan ekonomi nasional. Namun, faktor eksternal akibat konflik Ukraina-Rusia dan ketegangan geopolitik dunia membawa tantangan lain. 
 
"Pemerintah kini mencurahkan perhatian mengurangi tekanan eksternal pada perekonomian masyarakat, terutama masyarakat bawah," ucap Budi, melalui keterangan tertulis, Minggu, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menerangkan konflik Ukraina-Rusia berdampak pada kelangkaan berbagai kebutuhan pokok. Selain itu, juga memicu inflasi bahkan ancaman stagflasi di sejumlah negara.
 
"Di Tanah Air, dampaknya sangat dirasakan masyarakat akibat kenaikan harga-harga yang tak terhindari. Terutama harga bahan bakar, pangan, dan berbagai produk turunannya," ungkap Budi.
 
Baca: Kasus Harian Covid-19 Turun 99%, Pandemi Semakin Terkendali
 
Budi menuturkan pemerintah telah mengeluarkan serangkaian program bantalan ekonomi untuk masyarakat rentan. Meliputi berbagai jenis bantuan sosial, subsidi energi dan non-energi, bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), bantuan prakerja, hingga subsidi bunga KUR (Kredit Usaha Rakyat).
 
"Semua itu merupakan program afirmasi Pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat agar kehidupan sosial ekonomi kita yang selama ini kondusif tetap terjaga," papar Guru Besar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) ini.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif