Ilustrasi pandemi covid-19 di Indonesia semakin terkendali - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi pandemi covid-19 di Indonesia semakin terkendali - - Foto: MI/ Ramdani

Kasus Harian Covid-19 Turun 99%, Pandemi Semakin Terkendali

Ekonomi Airlangga Hartarto pandemi covid-19 kasus covid turun pandemi terkendali kasus covid-19 indonesia
Eko Nordiansyah • 18 April 2022 16:46
Jakarta: Pemerintah memastikan pandemi covid-19 di Indonesia semakin terkendali. Hal ini tercermin dari angka kasus harian maupun kasus aktif covid-19 yang turun hingga 99 persen dibandingkan dengan sebelumnya.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan angka kasus aktif di Indonesia saat ini sebanyak 60.475 kasus. Sementara kasus hariannya sebanyak 602 kasus atau lebih rendah dari posisi awal bulan ini.

 
"Ini sudah turun dibandingkan dengan April yang lalu itu sekitar 99 persen untuk kasus harian dan 90 persen untuk kasus aktif. Dan tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) rata-rata empat persen," kata dia dalam video conference, Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus Harian Covid-19 Turun 99%, Pandemi Semakin Terkendali
Ilustrasi pasien covid-19 yang dirawat di Wisma Atlet Jakarta - - Foto: Medcom/ Kuntoro
 
Untuk di Jawa Bali, Airlangga menyebut kasus covid-19 telah mengalami penurunan hingga 57 persen, sedangkan di luar Jawa Bali turun sebesar 42 persen. Bahkan, mayoritas daerah kini memiliki kasus aktif di bawah 1.000 kasus.
 
"Kalau dilihat luar Jawa Bali kasus tinggi di Papua dan Lampung. Papua masih 12 ribu kasus aktif, Lampung 7.400, sedangkan angkanya di Sumatra Barat 2.500, dan lainnya di bawah 1.000," ungkapnya.
 
Selanjutnya, capaian vaksinasi di luar Jawa Bali yang dosis 1 masih di bawah 70 persen hanya Papua dan Papua Barat. Sementara beberapa daerah lain juga masih mencatat vaksinasi dosis 2 di bawah 70 persen, bahkan ada yang di bawah 50 persen.
 
"Sedangkan untuk dosis kedua di bawah 70 persen adalah Kalimantan Barat, NTT, Gorontalo, seluruh Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Di bawah 50 persen hanya Maluku, Papua Barat, dan Papua," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif