NEWSTICKER
Ilustrasi bahan pangan. Dok MI
Ilustrasi bahan pangan. Dok MI

Harga Gula Naik Hampir 50%

Nasional pangan
Siti Yona Hukmana • 20 Maret 2020 18:00
Jakarta: Kenaikan harga gula di sejumlah pasar DKI Jakarta hampir 50 persen. Harga gula yang naik signifikan ini ditemukan saat Polda Metro Jaya, PD Pasar Jaya, dan Badan Urusan Logistik (Bulog) DKI Jakarta inspeksi mendadak ke sejumlah pasar.
 
"Harga gula ini normalnya Rp12.500 per kilogram meningkat jadi Rp16.000-18.000 per kilogram. Meningkat sangat signifikan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Kenaikan harga gula terjadi karena kelangkaan dan stok di pasar berkurang. Namun, pemerintah mengupayakan distribusi gula dari Lampung. Sejumlah distributor gula juga mulai melakukan operasi pasar untuk menekan lonjakan harga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap hari ada sekitar 10 ton gula yang didistribusikan ke setiap pasar. Ini akan berlaku sampai menjelang Hari Raya (Idulfitri)," ujar Nana.
 
Nana mengatakan stok beras dan gula cukup hingga Ramadan. Masyarakat diharapkan tidak panik dengan adanya wabah virus korona sehingga memborong dua bahan pokok tersebut.
 
Baca: MUI: Islam Melarang Menimbun Barang
 
Harga Gula Naik Hampir 50%
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat sidak Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Jumat, 20 Maret 2020. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
 
Satgas Pangan DKI Jakarta mengindikasi isu wabah ini dimanfaatkan oknum untuk menimbun bahan pokok. Pembatasan pembelian gula dan beras telah diberlakukan untuk menghindari penimbunan. Pembeli gula dibatasi 2 kilogram dan beras maksimal 10 kilogram per orang
 
Baca: Pembelian Gula dan Beras Dibatasi
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif