Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kasus Brigadir J, Pengamat Beberkan Beberapa Aturan yang Dilanggar Polri

Siti Yona Hukmana • 29 Juli 2022 08:14
Jakarta: Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto menemukan ada sejumlah aturan yang dilanggar Polri dalam kasus tewasnya Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (J). Salah satunya, penggunaan senjata api jenis Glock-17 oleh ajudan Irjen Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua (Bharada) E. 
 
"Menurut saya pasti tidak sesuai dengan peraturan dasar kepolisian. Dalam peraturan dasar kepolisian, tamtama penjagaan hanya diperbolehkan membawa senjata api (laras panjang) ditambah sangkur," kata Bambang saat dikonfirmasi, Jumat, 29 Juli 2022. 
 
Bambang mengatakan pemberian rekomendasi penggunaan senjata api harus disesuaikan dengan peran dan fungsi tugasnya. Dia mempertanyakan peran Bharada E selama melekat dengan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penjagaan yang ditugaskan menjaga rumah dinas, sopir atau ajudan? Kalau penjaga tentu diperbolehkan membawa senjata api laras panjang plus sangkur atau sesuai ketentuan. Kalau driver buat apa senjata api melekat apalagi jenis otomatis seperti glock," ungkap Bambang.
 

Baca: Harapan Koalisi Masyarakat Sipil di Tengah Pengusutan Kasus Kematian Brigadir J


Dia juga mempertanyakan pangkat seorang ajudan perwira tinggi (pati) Polri, yakni cukup minimal level tamtama. Kemudian, pentingnya ajudan membawa senjata api otomatis seperti Glock-17. 
 
"Petunjuk pelaksanaan terkait ini penting agar tidak terjadi penyalahgunaan," ujar dia. 
 
Namun, Bambang mengaku belum menemukan detail aturan terkait pengggunaan senjata api dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2022. Seperti jenis apa, untuk siapa, dan aturan pengawasannya. 
 
"Makanya ini juga harus menjadi bahan evaluasi agar ke depan tidak muncul lagi insiden-insiden senpi personel yang bisa menimbulkan korban kematian," ucap peneliti dari Institute for Security of Strategic Studies (ISESS) itu.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif