Ilustrasi jenazah/Medcom.id
Ilustrasi jenazah/Medcom.id

Forensik Dibutuhkan Mulai Penyelidikan hingga Proses Pidana

Siti Yona Hukmana • 22 Juli 2022 08:44
Jakarta: Spesialis Forensik dan Medikolegal Agus Purwadianto memaparkan pentingnya peran kedokteran forensik dalam proses penegakan hukum di Indonesia. Forensik dibutuhkan mulai penyelidikan hingga proses pidana. 
 
"Karena kami merupakan sahabat pengadilan/amicus curiae," kata Agus melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 Juli 2022.
 
Agus mengatakan forensik membantu penyidik memeriksa seluruh tubuh korban. Pemeriksaan terkait luka maupun kesehatan yang berkaitan dengan tindak pidana.
 

Baca: Keluarga Sambut Baik Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J


"Metodologi pada prinsipnya kita menjalankan suatu tugas prosedur ilmiah, kita akan mengolah fakta sampai memproduksi satu alat bukti untuk nantinya menjadi bukti-bukti yang akan disampaikan di pengadilan," ujar Agus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, prosedur ilmu kedokteran forensik di Indonesia dan di berbagai negara hampir sama. Forensik di Indonesia bertugas menyimpulkan atau membuat deskripsi terkait luka, penyakit, ataupun kematian.
 
Dia mencontohkan peristiwa bencana atau kecelakaan yang pada umumnya sudah diketahui penyebabnya. Tim forensik hanya bertugas mengidentifikasi jenazah karena identitas korban tersebut tidak diketahui. 
 
"Tindak pidana itu gelap, dengan adanya kami, kami membantu untuk membuat terang suatu perkara, kami akan membantu penyidik dan meyakinkan jaksa, membuat surat dakwaan, dan juga pada akhirnya memberi kontribusi kepada hakim untuk memutuskan," papar Agus.
 
Dia mengatakan apabila kondisi jasad baik, maka hasil identifikasi dapat maksimal. Sebaliknya, apabila kondisi jenazah tidak dalam keadaan baik, maka hasilnya tidak maksimal. 
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif