Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

6 Terdakwa Kasus Jiwasraya Dianggap Pantas Dihukum Berat

Nasional kasus korupsi Jiwasraya
Misbahol Munir • 11 Oktober 2020 19:39
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Habiburokhman mengapresiasi jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut berat terdakwa dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Vonis berat dianggap pantas karena kasus ini menyebabkan total kerugian negara hingga Rp16,8 triliun.
 
“Ini tentu harus dihukum berat. Berdasarkan UU Tipikor (Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi), tuntutan ini pas berdasarkan dengan fakta yang muncul,” kata Habiburokhman saat dihubungi, Minggu, 11 Oktober 2020.
 
Menurut dia, tanpa hendak mengintervensi pengadilan, Komisi III menilai tuntutan jaksa memperlihatkan keseriusan penegakan hukum. Dalam kasus Jiwasraya, dia melihat bagaimana penipuan alias fraud dipraktikkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fakta persidangan yang telah menyebutkan peran dari enam terdakwa diharapkan mampu memberatkan putusan hakim sesuai dengan tuntutan jaksa. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat rencananya membacakan vonis pada Senin, 12 Oktober 2020.
 
Dia menegaskan pemberatan bagi para terdakwa yakni dengan menyita seluruh aset terdakwa yang terkait dengan megakorupsi ini. Perampasan hasil korupsi akan membantu keuangan negara dalam kewajiban membayar polis nasabah asuransi pelat merah tersebut.
 
“Pengembalian aset itu penting, dan hal tersebut jadi salah satu yang harus di kejar,” tegas politikus Partai Gerindra itu.
 
Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita kembali sejumlah aset terkait kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Hal tersebut terungkap dalam fakta persidangan yang menyebut penyitaan baru ini di luar hasil sita saat ini telah mencapai angka Rp18,4 triliun
 
"Jadi ditemukan fakta persidangan ada harta lagi," ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Ali Mukartono di Gedung Bundar, Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif