Sidang kasus dugaan korupsi Direktur Utama PT Rimo International Lestari Tbk Teddy Tjokrosapoetro. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Sidang kasus dugaan korupsi Direktur Utama PT Rimo International Lestari Tbk Teddy Tjokrosapoetro. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Korupsi ASABRI, Teddy Tjokro Tak Pernah Transaksi Saham Langsung ke Sekuritas

Fachri Audhia Hafiez • 30 Maret 2022 23:43
Jakarta: Terdakwa kasus dugaan korupsi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI), Teddy Tjokrosapoetro, disebut tak pernah melakukan transaksi saham secara langsung dengan perusahaan sekuritas. Transaksi dilakukan oleh seseorang bernama Lisa Anastasia.
 
"Selama ini order saham dengan akun terdakwa, saya dapati melalui saudari Lisa Anastasia," kata karyawan PT NH Korindo Sekuritas Indonesia, Susanti Natalia, saat persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Maret 2022.
 
Baca: Korupsi ASABRI, Jaksa Telusuri Kejanggalan Transaksi Saham Teddy Tjokrosapoetro

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karyawan di PT Anugerah Sekuritas Indonesia, Alamsyah, juga mengakui bahwa terdapat transaksi saham yang dilakukan oleh Lisa Anastasia. Hal itu diketahui dari sejumlah data pemesanan transaksi saham.
 
"Bukan secara langsung dari terdakwa," ujar Alamsyah.
 
Alamsyah juga dikonfirmasi mengenai sejumlah syarat yang dibutuhkan untuk transaksi saham di PT Anugerah Sekuritas Indonesia. Menurut dia, dibutuhkan data lengkap bagi yang ingin bertransaksi, misalnya informasi dari KTP yang bersangkutan.
 
Di sisi lain, terdapat perbedaan bukti identitas berupa KTP Teddy yang diduga digunakan untuk membuat akun supaya bisa melakukan transaksi. Hal itu akan menjadi penilaian majelis hakim.
 
Adapun Teddy membantah melakukan transaksi pada sekuritas tersebut. Di samping itu, mayoritas pihak perusahaan sekuritas yang dihadirkan pada persidangan tidak mengenal sosok Teddy.
 
"Tidak mengetahui transaksi-transaksi atas nama diri sendiri," ucap Teddy.
 
Susanti dan Alamsyah dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Teddy. Direktur Utama PT Rimo International Lestari Tbk itu didakwa memperkaya diri sebesar lebih dari Rp6 triliun.
 
Perbuatan itu berasal dari pengelolaan investasi dalam bentuk pembelian saham dan reksadana menggunakan dana investasi PT ASABRI pada 2012-2019.
 
"Telah memperkaya terdakwa dan orang lain yang diantaranya memperkaya Benny Tjokrosaputro, Jimmy Sutopo, dan terdakwa Teddy Tjokrosaputro sebesar Rp6.087.917.120.561 dari dana investasi ASABRI," kata jaksa penuntut umum Zulkipli saat persidangan di Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Maret 2022.
 
Halaman Selanjutnya
Benny dan Jimmy juga terjerat…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif