Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq - MI/Tosiani.
Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq - MI/Tosiani.

Bupati Temanggung Tak Tega Bersaksi Untuk Istri

Nasional Korupsi PLTU Riau-1
Nur Azizah • 02 Januari 2019 20:32
Jakarta: Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq menolak bersaksi untuk terdakwa kasus suap kesepakatan kontrak kerja pembangunan PLTU Riau-I Eni Maulani Saragih. Al Khadziq merupakan suami Eni.

Al Khadziq mundur setelah diberikan pilihan oleh majelis hakim. Berdasarkan Pasal 168 huruf c KUHAP, suami atau istri tidak dapat didengar keterangannya dan dapat mengundurkan diri sebagai saksi. 

"Apakah ingin mundur atau tetap lanjut? Berdasarkan Pasal 169 KUHAP, suami atau istri bisa memberikan kesaksian kalau berkehendak," ujar Hakim Ketua kepada Al Khadziq di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Al Khadziq tetap pada pendiriannya. Ia menolak bersaksi untuk Eni dengan alasan tidak tega. "Enggak tega sama istri yang Mulia," ucap dia singkat. 

Kendati mengundurkan diri sebagai saksi, Al Khadziq tetap bisa dipanggil sewaktu-waktu bila dibutuhkan. 

(Baca juga: Eni Bantah Uang dari Pengusaha untuk Kampanye Suami)

Dari tujuh saksi yang dijadwalkan hadir, hanya tiga saksi yang didengar keterangannya. Mereka adalah mantan Sekjen Golkar Idrus Marham, Pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal Samin Tan, dan staf Samin Tan, Nanie Afwani.

Eni sebelumnya didakwa menerima suap dari bos Blackgold Natural Resources Limited Johannes Budisutrisno Kotjo sebesar Rp4,75 miliar. Uang suap itu diduga agar Kotjo mendapatkan proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau (PLTU MT Riau-I). 

Ia juga didakwa menerima gratifikasi sejumlah uang dari beberapa pengusaha migas berupa uang sejumlah Rp5,6 miliar dan SGD40 ribu. Dalam surat dakwaan, jaksa meyakini uang-uang gratifikasi tersebut digunakan untuk kampanye Al Hadziq sebagai calon bupati di Pilkada Temanggung.

(Baca juga: Staf Eni Akui Terima Tas Berisi Uang)




(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi