Komisioner KPU Hasyim Asyari. Foto: MI/Bary Fathahilah
Komisioner KPU Hasyim Asyari. Foto: MI/Bary Fathahilah

KPU Bantah Intervensi Kasus PSI

Nasional bawaslu partai solidaritas indonesia
M Sholahadhin Azhar • 05 Juni 2018 20:00
Jakarta: Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menghentikan kasus dugaan pelanggaran pemilu oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Banyak pihak menuding Komisi Pemilihan Umum (KPU) berperan besar menghentikan kasus dugaan pelanggaran kampanye PSI yang dilaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tersebut.
 
Anggota KPU Hasyim Asyari membantah tudingan tersebut. Menurut dia, keterangan anggota KPU Wahyu Setiawan di Bareskrim Polri terkait kasus PSI bukanlah pernyataan pribadi. Hasyim mengatakan materi itu sudah disiapkan sejak lama dan merupakan sikap KPU sebagai lembaga.
 
"Jadi pernyataan di Bareskrim itu bukan sebagai pribadi. Sebab yang diminta memberikan keterangan kan lembaga (KPU)," kata Hasyim di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Juni 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Polri Profesional Proses Kasus PSI
 
Selain itu, Hasyim menyebut apa yang disampaikan Wahyu di Bareskrim sama dengan keterangan KPU di Bawaslu. Ia juga membantah intervensi dalam pertemuan antara PSI dan KPU.
 
Hasyim mengakui sempat bertemu jajaran pengurus PSI, namun ia tak bersedia menjelaskan poin pembahasan. Prinsipnya, pertemuan itu hanya konsultasi parpol dan penyelenggara pemilu.
 
"Kalau ada yang datang ke KPU untuk berkonsultasi ya masa kami tidak melayani?" kata Hasyim.
 
Baca juga: Kekecewaan Bawaslu Soal Sikap Inkonsisten KPU Terhadap PSI
 
Seperti diketahui, sengkarut dugaan pelanggaran PSI gugur usai Wahyu memberi keterangan kepada Bareskrim Polri. Sebagai anggota penegakan hukum terpadu (gakumdu), Bareskrim menganggap keterangan KPU sangat berpengaruh.
 
Komisioner KPU Wahyu Setiawan sebelumnya membeberkan beberapa hal yang diungkapkan pada Bareskrim. Salah satunya soal peraturan terkait.
 
"Antara lain saya ditanya apakah peraturan KPU tentang kampanye Pemilu 2019 sudah ada? Maka saya juga sampaikan bahwa peraturan KPU kampanye Pemilu 2019 dan Perbawaslu tentang Pemilu 2019 belum ada," kata Wahyu.
 
Baca juga: PSI Harap Bawaslu Evaluasi Diri
 

 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif