Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Rony Muharrman)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Rony Muharrman)

Pekerja PLTA di Cianjur Kuasai Peledak High Explosive

Nasional ledakan bom bahan peledak
Media Indonesia.com • 14 Oktober 2020 16:32
Cianjur: Satuan Reskrim Polres Cianjur, Jawa Barat, menangkap S alias B alias AB, seorang pekerja proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kampung Lebaksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak. S kedapatan memiliki bahan peledak rakitan berdaya ledak tinggi.
 
Kapolres Cianjur AKB Muhammad Rifai menjelaskan, pengungkapan kepemilikan bom rakitan berdaya ledak tinggi itu bermula dari laporan masyarakat. Warga di sekitar proyek pembangunan PLTA mengaku khawatir karena kerap mendengar suara ledakan disertai getaran cukup keras.
 
"Anggota kami di Satreskrim langsung melakukan penyelidikan ke lokasi kejadian. Di lokasi, anggota kami menemukan material bahan peledak," terang Rifai, Rabu, 14 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:ASN di Jatim Tak Patuh Lapor SPT Tahunan
 
Berbagai material bahan peledak itu tersimpan di gudang milik PT GBT yang merupakan pihak rekanan pelaksana pekerjaan pembangunan terowongan pada proyek PLTA. Hasil pemeriksaan terhadap tersangka S, diperoleh keterangan, material bahan peledak itu digunakan untuk mempercepat penghancuran bebatuan karena dikejar tenggat waktu.
 
"Jadi untuk mempercepat pembangunan terowongan yang digunakan untuk turbin air, tersangka menggunakan bahan peledak high explosive karena kalau menggunakan bor mungkin susah," beber Rifai.
 
Keterangan yang diperoleh polisi, aksi peledakan tanpa izin sudah dilakukan lebih kurang 51 kali. Kondisi tersebut membuat resah masyarakat yang berada di radius cukup dekat dengan lokasi peledakan.
 
"Kalau untuk kerusakan bangunan rumah sebagai dampak peledakan, sepertinya belum ada. Warga hanya terganggu dan khawatir dengan aksi peledakan," jelasnya.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif