Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Populer Daerah, Tracing di Jatim Rendah karena Susah Sinyal hingga Lebih dari 1.000 PKL di Malioboro tak Bisa Akses Bantuan

Nasional pedagang kaki lima (pkl) Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 01 Agustus 2021 08:00
Jakarta: Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai wilayah Indonesia pada Sabtu, 31 Juli 2021, dan dirangkum kanal Daerah Medcom.id. Peristiwa pertama ada rasio tracing kontak erat covid-19 di Jawa Timur (Jatim) masih rendah.
 
Kedua, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember KH Abdullah Syamsul Arifin mendapat sanksi tegas dari Satgas Penanganan Covid-19 Jember. 
 
Ketiga ada seorang pekerja bangunan Murkin (39) tewas setelah kesakitan hingga tak sadarkan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terakhir, sekitar 1.000 pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak bisa mengakses bantuan selama pemberlakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Berikut ulasannya:
 
1. Tracing di Jatim Rendah karena Susah Sinyal
 
Rasio tracing kontak erat covid-19 di Jawa Timur (Jatim) masih rendah. Sinyal internet yang tak merata dan kecakapan digital masyarakat yang belum maksimal adalah kendala terbesar. 
 
Ketua Rumpun Tracing Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, mengungkapkan ada dua cara tracing, yakni melalui aplikasi Silacak dan langsung datang ke lokasi. Namun, cara pertama tak mudah dilakukan. 
 
"Pertama dari jumlah penduduk, kemudian masalah akses terhadap sinyal, karena di tempat seperti pegunungan itu handphone jadi tidak berguna karena sulitnya sinyal," kata Kohar, dikonfirmasi, Sabtu, 31 Juli 2021.
 
Baca selengkapnya. 
 
2. Gelar Pesta Pernikahan, Petinggi NU Jember Didenda Rp10 Juta
 
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember KH Abdullah Syamsul Arifin mendapat sanksi tegas dari Satgas Penanganan Covid-19 Jember. Pria yang biasa diasapa Gus Aab tersebut menggelar acara pernikahan anaknya di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. 
 
"Acara pernikahan di tengah penerapan PPKM level 4 dinilai melanggar aturan dan kepada pihak penyelenggara langsung diberikan sanksi tegas," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Hendy Siswanto, Jumat, 30 Juli 2021. 
 
Baca selengkapnya. 
 
3. Kesakitan hingga Lemas, Pekerja Bangunan di Bekasi Tewas Positif Covid-19
 
Seorang pekerja bangunan Murkin (39) tewas setelah kesakitan hingga tak sadarkan diri. Ia mulai kesakitan saat sedang bekerja di Jalan Jati Timur No. 242 RT. 06/08, Kelurahan Bojong Menteng, Kota Bekasi, Jawa Barat. 
 
Kasie Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing mengatakan peristiwa bermula ketika Murkin dan rekannya Herdianto (48) melakukan pengerjaan plester tembok bangunan milik warga bernama Marbun pada hari Kamis pagi, 29 Juli 2021, sekitar pukul 10.00 WIB.
 
"Tiba-tiba korban mengeluh sakit dan lemas kemudian jatuh tidak sadarkan diri," kata Erna, Sabtu, 31 Juli 2021.
 
Baca selengkapnya.
 
4. Terganjal Legalitas, Lebih dari 1.000 PKL di Malioboro tak Bisa Akses Bantuan
 
Sekitar 1.000 pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak bisa mengakses bantuan selama pemberlakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Legalitas lembaga yang menaungi para PKL itu jadi alasan.
 
Presidium PKL Malioboro, Sujarwo mengatakan hanya dua dari 11 paguyuban pedagang yang menerima bantuan modal bergulir tanpa bunga. Menurut dia, Pemerintah DIY memberikan bantuan bagi kelompok yang punya badan hukum koperasi.
 
"Ada sembilan (paguyuban PKL) yang belum berbadan hukum. (Total) anggotanya seribuan," kata Sujarwo di Yogyakarta, Sabtu, 31 Juli 2021.
 
Baca selengkapnya. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif