Irjen Kementan, Sumarjo Gatot Irianto, saat menghadiri rapat evaluasi pelaksanaan program strategis Kementan tahun 2020 Foto: Dokumentasi
Irjen Kementan, Sumarjo Gatot Irianto, saat menghadiri rapat evaluasi pelaksanaan program strategis Kementan tahun 2020 Foto: Dokumentasi

Kegigihan Gubernur Sumsel Memajukan Pertanian Dipuji

Nasional pertanian Herman Deru
Gonti Hadi Wibowo • 10 Oktober 2020 16:20
Palembang: Irjen Kementerian Pertanian (Kementan), Sumarjo Gatot Irianto, memuji kegigihan Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, untuk memajukan sektor pertanian di Sumsel. Pihaknya meminta Pemprov Sumsel untuk mendukung program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 50 ribu hektare.
 
"Komitmen Gubernur Sumsel ini memang sangat luar biasa pada pertanian. Kami kenal sejak dulu dan Pak Herman Deru ini dia tidak pernah menyerah untuk memajukan pertanian sampai sekarang," kata Sumarjo saat menghadiri rapat evaluasi pelaksanaan program strategis Kementan di tahun 2020 di Griya Agung Palembang, Kamis 8 Oktober 2020 malam.
 
Baca:Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Sumsel Segera Miliki Bank Gabah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya juga meminta kepada Pemprov Sumsel untuk mendukung program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 50.000 hektare. Dia berharap Pemprov Sumsel turut ikut ambil bagian dalam program pengembangan 1.000 desa sapu.
 
Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru, menjelaskan yang telah dicanangkan soal Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) dan ketahanan pangan akan menjadi fokus perhatian Pemprov Sumsel. Ia berkomitmen target 50.000 hektare PATB di Sumsel segera terealisasi, karena saat ini sudah lebih dari 25.000 hektare lahan yang terverifikasi.
 
"Potensi kita banyak ada di Kabupatwn Banyuasin, Musirawas, Ogan Komering Ilir (OKI), dan Empat Lawang," kata Herman.
 
Baca:Genjot Produksi Pertanian, Pati Dikucuri 88 Unit Alsintan
 
Herman menjelaskan, kunci utama pengembangan pertanian adalah komitmen kepala daerah. Herman mengaku belum puas, meski telah masuk jajaran lima besar provinsi penghasil pangan terbesar di Indonesia.
 
"Peningkatan produksi pangan harus terus dilakukan terutama untuk produksi beras," ujarnya.
 
Berdasarkan data Badan Pusat Stastistik (BPS) sampai 30 September, lanjut Herman, capaian produksi padi di Sumsel mencapai 3.453.274 ton, jagung sebanyak 777.512 ton.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif