Rumah Sakit dr Soedomo Trenggalek (ANTARA/HO - Humas RSUD dr. Soetomo Trenggalek)
Rumah Sakit dr Soedomo Trenggalek (ANTARA/HO - Humas RSUD dr. Soetomo Trenggalek)

RSUD Trenggalek Siapkan Ruang Isolasi Khusus Hepatitis Akut

Antara • 22 Mei 2022 07:58
Trenggalek: RSUD dr Soedomo, Trenggalek, Jawa Timur, menyiapkan tiga ruang isolasi khusus untuk mengantisipasi temuan kasus hepatitis akut misterius yang akhir-akhir ini mewabah di sejumlah daerah di Indonesia.
 
Humas RSUD dr Soedomo, Sudjiono, menjelaskan, langkah mitigasi itu dilakukan dengan mempersiapkan seluruh sarana-prasarana sekaligus SDM nakes untuk penanganan kasus penyakit baru yang belum diketahui etiologinya itu.
 
"Langkah ini dilakukan agar penanganan lebih cepat jika ada temuan kasus," kata Sudjiono, melansir Antara, Sabtu, 21 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menyediakan tiga ruang isolasi, RSUD dr Soedomo juga mempersiapkan tiga tempat tidur untuk HCU (high care unit).
 
"Karena ini kasus berhubungan dengan anak, maka seluruh perawatan dilakukan oleh dokter spesialis anak di Ruang Dahlia, atau ruang perawatan anak,” imbuhnya.
 
Baca juga: 
Pasien Hepatitis Akut Bertambah 1
 
Selain segi kesiapan sarana dan prasarana penunjang, pemeriksaan tanda-tanda penyakit hepatitis akut akan dilakukan secara optimal.
 
Gejala-gejala itu meliputi demam, mual muntah, sakit perut akut, diare akut hingga sakit kepala pada anak usia di bawah 16 tahun bakal dilakukan pemeriksaan khusus.
 
"Skrining ini meliputi pemeriksaan SGPT (serum glutamic pyruvic transaminase) dan SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase).
 
Jika SGPT dan SGOP hasilnya lebih dari 500 mikro per liter, pasien wajib dilakukan pemeriksaan tambahan, meliputi pemeriksaan imunoglobulin yang lain.
 
"Akan tetapi jika kurang dari 500 dilakukan observasi lanjutan,” ujarnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif