Tumpukan uang Rp5 miliar diamankan polisi di Tol Mojokerto (Foto / Istimewa)
Tumpukan uang Rp5 miliar diamankan polisi di Tol Mojokerto (Foto / Istimewa)

Polisi Amankan Rp5 Miliar dalam Minibus di Exit Tol Mojokerto

Nasional Penukaran Uang Uang Beredar Jawa Timur
Clicks.id • 21 April 2022 16:23
Mojokerto: Anggota Polres Mojokerto mengamankan dua mobil berisi uang tunai baru sebanyak Rp5 miliar. 
 
Uang pecahan Rp1.000 hingga Rp20.000 ditemukan dalam bagasi mobil Grand Max dan Pajero di dekat exit tol Gedeng, Mojokerto, Rabu 20 April 2022. Diduga uang tersebut digunakan oleh sindikat penukaran uang baru jelang lebaran.
 
Penemuan mobil berisi uang tersebut bermula saat petugas mendapati dua mobil berhenti di tepi jalan tol. Petugas pun curiga lantaran dua kendaraan tersebut berhenti di tempat gelap, sekira pukul 01.00 WIB. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Petugas melihat ada sejumlah orang tengah mengangkat plastik putih, setelah dicek ternyata uang," kata Kasat Reskrim Polresta Mojokerto AKP Rizki Santoso, Rabu, 20 April 2022.
 
Semula pihaknya menduga uang tersebut palsu yang sengaja diedarkan menjelang Hari Raya Idulfitri. Namun, setelah diteliti uang tersebut asli.
 
"Kondisinya baru dicetak dan masih ada label dari Bank Indonesia (BI)," ujarnya.
 
Baca juga: BI Kediri Sediakan Rp4,28 Triliun Uang Baru Persiapan Lebaran 2022
 
Rizky mengatakan, selain menyita uang Rp5 miliar, pihaknya juga mengamankan enam orang, terdiri atas lima orang warga Sidoarjo dan 1 orang warga di luar Jatim. 
 
"Satu orang berinisial JE (29), asal Sidoarjo merupakan pemiliknya. Statusnya masih sebagai saksi, kami masih menyelidiki dan meminta keterangan kepada yang bersangkutan," ungkap dia.
 
Hanya saja, Rizki belum bisa memastikan apakah uang yang diamankan tersebut merupakan milik sindikat penukaran uang yang marak saat Ramadan. Karena itu pihaknya masih terus melakukan pendalaman.
 
"Kami masih dalami apakah ini sindikat penukaran uang atau seperti apa, nanti perkembangannya kita sampaikan," terangnya.
 
Rizki mengatakan, dari hasil penyelidikan awal, diketahui uang tersebut dikeluarkan oleh salah satu bank di wilayah Bandung, Jawa Barat (Jabar). Uang tersebut dikeluarkan melalui jasa kurir ekspedisi. 
 
 
Halaman Selanjutnya
Uang sebesar Rp5 miliar itu,…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif