Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani.
Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani.

470 Pekerja Migran Indonesia Meninggal Sepanjang 2020

Nasional migran buruh migran
Hendrik Simorangkir • 19 November 2020 19:40
Tangerang: Sebanyak 470 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Tanah Air dalam kondisi meninggal, sepanjang Januari-Oktober 2020. Mereka yang meninggal didominasi berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, dan NTB.
 
"Sebanyak 470 PMI tersebut terdiri karena meninggal sakit atau bagian menjadi korban kekerasan. Sementara, jika kalau berbicara kantong PMI tentu ada di Jabar, Jateng, Jatim, NTT, NTB, itu daerah terbesar penempatan atau korban sindikat, Banten ada di posisi delapan kantung penempatan atau pengiriman secara ilegal," kata Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, Kamis, 19 November 2020.
 
Benny memastikan, akan memperbaiki pelayanan bagi PMI, mulai dari penyediaan lounge di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, yang akan diresmikan Presiden Jokowi pada 18 Desember 2020. Benny berharap tidak ada lagi pekerja yang terlantar di bandara saat berangkat maupun kepulangannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Kemenaker dan Polri Perkuat Perlindungan Pekerja Migran
 
"Lounge yang biasa dinikmati diplomatik dan petinggi negara itu nantinya juga bisa dinikmati oleh pekerja migran kita yang menghasilkan devisa negara mencapai Rp159,6 triliun. Itu sedang disiapkan dan dikerjakan, diresmikan pada 18 Desember oleh Presiden," terangnya.
 
Lounge itu nantinya bisa digunakan para buruh migran untuk menunggu jemputan dari keluarga atau keberangkatan para PMI. Ruang tunggu tersebut diharapkan bisa meminimalisir pemerasan yang biasa dilakukan oknum tertentu di bandara.

 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif