Penumpang tengah memadati Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
Penumpang tengah memadati Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Foto: Medcom.id/Hendrik)

Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Mulai Naik

Nasional bandara soetta perayaan natal dan tahun baru Natal natal dan tahun baru penumpang pesawat meningkat
Hendrik Simorangkir • 24 Desember 2021 14:33
Tangerang: PT Angkasa Pura II memprediksi adanya lonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang jelang Natal pada Jumat, 24 Desember 2021. Jumlah penumpang diperkirakan terjadi dikisaran 80-85 ribu orang.
 
"Berdasarkan data perencanaan penerbangan yang kami terima hari ini, penumpang masih kisaran antara 80-85 ribu. Untuk kemarin (Kamis, 23 Desember 2021) memang mencapai 99 ribu penumpang," ujar Senior Manager Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta, Holik Muardi, Jumat, 24 Desember 2021. 
 
Holik menuturkan terdapat beberapa daerah tujuan favorit yang paling banyak dikunjungi saat libur Natal tahun ini. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berdasarkan data wilayah yang menjadi tujuan utama bagi penumpang yakni Bali, Kualanamu (Medan), Makassar, dan Surabaya," ucap dia. 
 
Baca juga: Kejari Surabaya Tangkap Terpidana Penipuan Rp2,5 Miliar di Sidoarjo
 
Saat ini, kata Holik, untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang internasional mengalami penurunan di Bandara Soekarno-Hatta.
 
"Terjadi penurunan, untuk hari ini saja berdasarkan data yang datang masih sekitar 3 ribuan penumpang, sedangkan yang berangkat masih 2 ribuan, berbeda dengan sebelumnya yang memang sempat menyentuh angka 4 ribu untuk kedatangan. Memang untuk kedatangan ini masih di dominasi oleh warga negara Indonesia (WNI) dalam hal ini pekerja migran Indonesia," jelasnya.
 
Holik melanjutkan tahun ini terdapat lonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, jika dibandingkan pada 2020. Peningkatan ini terjadi, lanjutnya, lantaran telah banyak masyarakat yang divaksin covid-19.
 
"Kalau dibandingkan dengan 2020, memang kita lihat tahun ini ada peningkatan sekitar 60%. Tahun ini orang sudah banyak divaksin, jadi lebih banyak untuk melakukan berpergian. Tapi kami tetap mengimbau kepada penumpang untuk selalu tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.
 
Baca juga: Gus Yahya Tegaskan NU Tak Nyapres pada 2024
 
Holik menjelaskan pihaknya tetap akan mengantisipasi apabila terjadi lonjakan penumpang. Dia menegaskan sudah melakukan penyesuaian skenario operasi.
 
"Kami akan mengantisipasi atau memitigasi apabila terjadi lonjakan. Bersama stakeholder sudah melakukan penyesuaian skenario operasi, salah satunya adalah membuka Terminal 1A sebagai kedatangan domestik, dan juga Terminal 2F untuk kedatangan penumpang internasional," ungkapnya.
 
Selain itu, kata Holik, pihaknya juga akan melakukan antisipasi lain untuk mengurai penumpukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Antisipasi tersebut yakni pengaturan slot penerbangan agar tidak terjadi clash landing.
 
"Clash landing adalah suatu kondisi di mana pesawat datang di waktu yang bersamaan. Maka dari itu kami mengatur untuk pengaturan slot supaya tidak bentrok dengan satu waktu tertentu," imbuh dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif