Foto dok. Sekda Jember Mirfano saat wawancara dengan sejumlah wartawan di Jember (ANTARA/HO-Diskominfo Jember)
Foto dok. Sekda Jember Mirfano saat wawancara dengan sejumlah wartawan di Jember (ANTARA/HO-Diskominfo Jember)

Terima Honor Pemakaman Covid-19, Ini Alasan Pejabat Kabupaten Jember

Nasional Pemakaman Umum penanganan jenazah covid-19 Pengurusan jenazah covid-19
Sri Yanti Nainggolan • 28 Agustus 2021 14:40
Jakarta: Sejumlah pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, menerima honor sebagai tim pemakaman jenazah pasien covid-19. Mereka menilai layak menerima dana tersebut. 
 
Mulai dari Bupati Jember Hendy Siswanto. Sekretaris Daerah (Sekda) Jember Mirfano, Plt Kepala BPBD M Djamil, hingga Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Penta Satria.
 
Nilai honor yang diterima masing-masing pejabat tersebut sebesar Rp70,5 juta dari total 705 kali pemakaman warga Jember yang meninggal akibat covid-19. Berdasarkan kode rekening 5.1.0204.01.0003 pada Juni 2021, total anggaran yang dikeluarkan untuk empat pejabat tersebut mencapai Rp282 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut adalah beberapa penjelasan dari pihak para pejabat terkait penerimaan dana tersebut.

1. Bupati Jember: Konsekuensi Sebagai Pengarah

"Memang benar saya menerima honor sebagai pengarah tim pemakaman, karena pada regulasi yang ada, ada pengarah, tim, ketua, dan anggota terkait monitoring dan evaluasi," kata Hendy Siswanto, Jumat, 27 Agustus 2021.
 
Menurutnya, setiap ada pasien covid-19 yang meninggal honornya sebesar Rp100 ribu. Honor itu sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) yang disusun sebelum pandemi covid-19. Namun honor tersebut tidak dipakai untuk kepentingannya sendiri.
 
"Saya memang menerima dan terus terang itu sesuai regulasi yang ada. Honor itu saya berikan kepada keluarga pasien covid-19 yang meninggal," ujarnya.
 
Baca: Pansus Covid-19: Honor Bupati Jember dari Covid-19 Melukai Hati Rakyat
 
Hendy  menyebut honor tersebut sebagai konsekuensi bupati yang menjadi pengarah dalam melakukan monitoring kegiatan pemakaman. Terhitung sejak Maret-Juli 2021, keempat pejabat tersebut mendapatkan honor sebesar Rp70,5 juta.
 
"Pada Juni-Juli 2021 tercatat pemakaman warga yang meninggal akibat covid-19 cukup tinggi, sehingga honor kegiatan pemakaman terlihat banyak," ungkap Hendy.

2. Kepada Dinas BPBD: Wajar Sesuai Aturan

Kepala Dinas BPBD Jember Djamil menyatakan, ia dan timnya layak mendapatkan uang honor tersebut. Sebab, timnya telah bersusah payah dalam menangani pandemi covid termasuk dalam pemakaman jenazah covid-19.
 
"Kesulitan yang dialami ini semuanya bisa dilaksanakan dan diselesaikan. Sehingga wajar kalau misalkan itu sesuai dengan aturan yang seharusnya mendapatkan kompensasi," kata Djamil dalam tayangan Metro Hari Ini di Metro TV, Jumat, 27 Agustus 2021.
 
Halaman Selanjutnya
3. Sekda Jember: Kami Bekerja…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif