Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Warga Malang Diminta Waspada Fenomena La Nina

Nasional cuaca ekstrem anomali cuaca bencana alam
Daviq Umar Al Faruq • 13 Oktober 2020 09:23
Malang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat Kabupaten Malang mewaspadai fenomena La Nina. BPBD tengah menyiapkan strategi mengantisipasi potensi bencana akibat fenomena tersebut.
 
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, mengatakan telah melakukan beberapa persiapan mengingat kondisi geografis Kabupaten Malang beragam. Mulai dari pesisir, perbukitan, tebing hingga pegunungan yang memiliki potensi bencananya masing-masing.
 
"Artinya, ada atau tidak ada fenomena La Nina, kesiapan-kesiapan ini sudah kami lakukan. Karena memang, wilayah Kabupaten Malang yang geografisnya bermacam-macam ini memiliki potensi bencananya masing-masing," katanya, Selasa 13 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Potensi bencana yang terjadi akibat fenomena La Nina antara lain tanah longsor, banjir hingga banjir bandang. Bencana tersebut biasanya terjadi akibat hujan secara terus menerus dengan diikuti angin kencang.
 
"Iya ini memang perubahan iklim dan cuaca. Perubahan cuaca itu tidak mengenal batas wilayah. Ini seharusnya kalau dari jadwalnya kan masih musim panas, tapi terkadang turun hujan dan hujannya terkadang juga ekstrem, itu yang harus ada kewaspadaan," jelasnya.
 
Baca:Prediksi UGM: La Nina Terjadi Akhir Tahun Hingga Februari 2021
 
Saat ini, BPBD cukup intens berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta lembaga stasiun cuaca dan lain-lain. Hal tersebut untuk mengantisipasi kondisi tak terduga terkait kebencanaan.
 
"Yang jelas rutin itu stasiun cuaca Brawijaya, BMKG yang membidangi cuaca dan gempa, pihak kemaritiman karena wilayah kita juga ada yang pesisir, rekan-rekan di bandara juga kami ajak koordinasi dan lembaga-lemabaga lain yang memiliki radar cuaca," terangnya.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif