Desakan dikeluarkan setelah salah satu jet gagal dalam penerbangan United Airlines pada Sabtu. Menurut FAA, operator harus melakukan inspeksi gambar akustik termal dari bilah kipas titanium besar -,pada dasarnya cara mengintip di bawah permukaan logam,- yang terletak di bagian depan setiap mesin.
Baca: Maskapai di Tiga Negara Kandangkan Pesawat Boeing 777.
"Berdasarkan hasil awal saat kami menerimanya, serta data lain yang diperoleh dari penyelidikan yang sedang berlangsung, FAA dapat merevisi arahan ini untuk menetapkan interval baru untuk pemeriksaan ini atau pemeriksaan berikutnya," kata FAA, seperti dikutip CNN, Rabu 24 Februari 2021.
Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) AS mengatakan pada hari Senin bahwa bilah kipas yang retak dari mesin penerbangan 328 United yang terbakar tak lama setelah lepas landas dari Denver, Colorado, konsisten dengan dugaan kelelahan logam.
Ketika logam lelah, retakan bisa melebar semakin lama setiap kali ditekan saat mesin dinyalakan. Retakan seperti itu dapat bertahan selama bertahun-tahun sebelum menyebabkan kegagalan.
Jadwal inspeksi
Setelah bilah berukuran 103 sentimeter patah, bilah lain dan struktur depan mesin robek, menghujani lingkungan pinggiran kota dengan logam dan puing-puing lainnya.“Sebagian besar kerusakan dalam kegagalan Sabtu terbatas pada mesin, tetapi beberapa material menabrak badan pesawat, menyebabkan kerusakan kecil,” kata Ketua NTSB Robert Sumwalt pada hari Senin. Pilot melakukan pendaratan darurat dan tidak ada yang terluka.